Jembatan Alasbuluh Ditargetkan Rampung Sebelum Mudik Lebaran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 25 Mar 2021 14:45 WIB

Jembatan Alasbuluh Ditargetkan Rampung Sebelum Mudik Lebaran

i

Alat berat di sekitar Jembatan Desa Alasbuluh yang mengalami kerusakan. SP/ BYW

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi - Sebagai antisipasi arus mudik dan balik Lebaran 2021. Jembatan Desa Alasbuluh yang mengalami kerusakan di bagian pondasi terus dilakukan, karena selama proses perbaikan berlangsung, hanya separuh jalan saja yang bisa dilintasi. Ditjen Binamarga dari Kementerian PUPera dan Korlantas Polri ikut meninjau langsung proses perbaikan tersebut.

Kapolsek Wongsorejo, Iptu Sudarso membenarkan adanya penelitian terpadu antara Korlantas Polri dan Ditjen Binamarga, pemerintah menargetkan perbaikan sementara itu bisa usai sebelum musim mudik Idul Fitri. Dengan harapan, arus lalu lintas bisa lancar saat Idul Fitri nanti.

Baca Juga: Bupati Banyuwangi Halalbihalal Bersama Penyandang Disabilitas

"Sampai saat ini kita masih gunakan sistem buka dan tutup. Jadi targetnya kemarin pembangunan sementara ini bisa selesai sebelum Idul Fitri," jelasnya, Kamis (25/3/2021).

Sudarso menambahkan, di lapangan petugas dari PU melakukan pembangunan jembatan siang dan malam sejak Senin awal pekan lalu. Mereka menargetkan bisa menyelesaikan jembatan temporary itu maksimal awal Bulan April.

Selama proses perbaikan berlangsung, masih ada kendaraan besar yang berlalu lalang di atas jembatan rusak. Mulai trailer, bus sampai truk tronton. Petugas dari Polsek Wongsorejo dan Satlantas Polresta Banyuwangi bergantian menjaga jalur tersebut. Untuk melakukan sistem buka tutup.

Baca Juga: Polisi Razia Pedagang Petasan di Banyuwangi

"Yang digunakan hanya separuh jalan. Otomatis harus buka tutup," tegasnya.

Menurut Kaur TU PPK 1.2 BBJN Provinsi Jawa Timur Wilayah Situbondo-Banyuwangi, Alfian Nurizal akan melakukan perbaikan sementara di Jembatan Desa Alasbuluh, karena rencananya jembatan tersebut akan dibongkar dan diperbaiki total oleh kementerian. Sambil menunggu proyek itu direalisasikan, maka dibangun jembatan sementara agar kendaraan yang melewati jalur tersebut tetap aman.

"Kita setting dulu bajanya. Nanti baru kita pasang. Nanti saat pemasangan sistemnya juga buka tutup, kita perbaiki dulu satu sisi baru sisi lainnya," ujarnya.

Baca Juga: Pelabuhan di Banyuwangi Ramai Dipadati Pemudik

Sebagai informasi, jembatan di Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi nyaris ambrol pada Kamis (11/3/2021) akibat sering kali diterjang banjir bandang saat hujan deras. Imbas jembatan rusak, jalur menuju pantura buka tutup. Polisi meminta kepada pengendara kendaraan besar dan berat yang menuju Banyuwangi-Surabaya atau sebaliknya, untuk melalui via selatan atau Jember. Dsy11

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU