Kamis, Mahasiswa Surabaya Demo di Gedung DPRD Jatim

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 12 Apr 2022 20:32 WIB

Kamis, Mahasiswa Surabaya Demo di Gedung DPRD Jatim

i

Ahmad Yusuf Alkhakim

Soroti Isu perekonomian yang Berdampak pada UMKM

 

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

 

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya- Mahasiswa di Surabaya, bersiap akan turun ke jalan pada Kamis besok (14/4/ 2022).

Mereka akan soroti kondisi perekonomian belakangan ini. Mengingat imbas dari kebijakan kenaikan bahan pokok dan PPN menjadi 11 persen, akan berdampak kepada masyarakat seperti UMKM maupun menengah ke bawah.

"Mahasiswa Surabaya akan aksi pada 14 April 2022 di depan Gedung DPRD Jawa Timur dengan tuntutan yang berfokus pada masalah perekonomian," kata Koordinator Umum Aliansi BEM Surabaya (ABS) Ahmad Yusuf Alkhakim di Surabaya, Selasa (12/4).

 

 

 

Baca Juga: KPU Surabaya Paparkan Seleksi Calon Panitia Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2024

Inisiatif Aksi

Gerakan aksi pada 14 April diakui atas inisiatif dari berbagai kampus negeri dan swasta yang ada di Surabaya tanpa ada kaitan dengan aksi yang terjadi di Jakarta.

"Alasan kita memilih tanggal tersebut karena tidak ada keberpihakan dari salah satu aliansi nasional manapun, murni dari inisiatif kawan-kawan BEM di Surabaya," tuturnya.

Gerakan pada 14 April juga sebagai upaya menetralisir aksi, mengingat dari berbagai kampus di Surabaya juga ada yang masuk dalam keanggotaan BEM SI maupun BEM Nusantara.

"Kawan-kawan sepakat untuk turun ke jalan pada tanggal 14, hal itu dilakukan sebagai langkah menetralisir gerakan dan mengedepankan gerakan dari mahasiswa Surabaya sendiri," dalihnya.

Baca Juga: Gibran Absen di Otoda 2024 Surabaya, Mendagri Tito Bocorkan Alasannya

 Tuntutan aksi selain perekonomian dari ABS pada gelaran aksi 14 April di antaranya yang pertama terkait RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) agar segera masuk ke prolegnas dan kemudian disahkan oleh DPR RI.

"Kami membuka lebar bagi semua elemen masyarakat, nantinya juga tidak memungkiri bakal ada perwakilan dari organisasi masyarakat maupun organisasi lembaga sosial yang ikut bergabung," ujar Yusuf.

Dia menghimbau untuk seluruh mahasiswa di Surabaya supaya tidak terkecoh dengan agenda setting terkait isu nasional yang sedang ramai diperbincangkan saat ini, yaitu terkait penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan Presiden.

"Bisa jadi agenda setting tersebut adalah upaya untuk menutupi isu yang seharusnya kita kawal, untuk itu fokus utama kami yaitu isu perekonomian dengan harapan agar kemudian ekonomi nasional ini bisa bangkit terlebih dahulu," ujarnya.  n ham, ana

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU