Ketersediaan Stok Darah Plasma Konvalesen di Surabaya Masih Aman

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 09 Agu 2021 11:32 WIB

Ketersediaan Stok Darah Plasma Konvalesen di Surabaya Masih Aman

i

Kabag pelayanan dan humas UTD PMI Kota Surabaya Martono Adi Triyo mengatakan ketersediaan stok darah plasma konvalesen  masih aman. SP/ANT/Nova Wahyudi)

SURABAYAPAGI, Surabaya - Ketersediaan stok darah plasma konvalesen di Surabaya akhir-akhir ini masih aman. Hal ini diungkapan Kabag pelayanan dan humas UTD PMI Kota Surabaya Martono Adi Triyo .

Ketersediaan stok darah plasma konvalesen salah satunya didapat dengan menggandeng beberapa perusahaan yang mengelar donor darah.

Baca Juga: Ada Kemungkinan Akhir 2022, PPKM Berhenti

Martono  mengungkapkan, selama hampir dua tahun pandemi Covid-19, pihaknya telah menyalurkan sekitar 13 ribu kantong darah plasma konvalesen dari berbagai golongan darah. Dan sampai saat ini tersedia sekitar 35 kantong plasma darah.

“Dan mungkin hari ini kita ada stok, walaupun tidak banyak mungkin masing-masing golongan kurang lebih sekitar 35 sampai 40 dari masing-masing golongan darah,” kata Martono, kemarin.

Baca Juga: Riset: Tumbuhan Pegagan Embun Bisa Cegah Infeksi Covid-19

Martono melanjutkan, pasien Covid-19 di Surabaya tidak perlu khawatir akan ketersedian stok darah plasma konvalesen, karena stoknya masih tersedia dan asalkan tidak terjadi lagi lonjakan kasus Covid-19.

“Sampai kemarin antrean untuk Kota Surabaya sudah tidak ada, tapi untuk luar kota masih ada sekitar 125 pasien yang belum kita layani," ucapnya.

Baca Juga: Kasus Omicron XBB Terus Naik, Menkes Budi Tenangkan Warga

"Jadi mungkin untuk permintaan plasma konvalesen untuk hari ini maupun seterusnya, saya rasa tidak perlu khawatir bagi warga Kota Surabaya karena kita memang ada stok, dan ditambah lagi ada kegiatan donor plasma maupun donor darah dari perusahaan-perusahaan," ujar Martono.sb3/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU