Mahasiswa KKN-P UMSIDA Laksanakan Gerakan Sadar Kebersihan Lingkungan SDN Gambiran III dan Pembuatan Papan Jalan Desa Gambiran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 25 Feb 2022 09:31 WIB

Mahasiswa KKN-P UMSIDA Laksanakan Gerakan Sadar Kebersihan Lingkungan SDN Gambiran III dan Pembuatan Papan Jalan Desa Gambiran

i

Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Sidoarjo (UMSIDA) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) 2022 dengan melaksanakan gerakan sadar kebersihan di lingkungan SDN Gambiran III, Kecamatan Prigen, Pasuruan.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Puluhan mahasiswa Universitas Muhamadiyah Sidoarjo (UMSIDA) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) 2022 dengan melaksanakan gerakan sadar kebersihan di lingkungan SDN Gambiran III, Kecamatan Prigen, Pasuruan.

Tak hanya itu, mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 77 program unggulan perkembangan lingkungan ini juga membuat papan jalan Desa Gambiran.

Baca Juga: Peserta UKM Desa Sukolilo Prigen Ikuti Verifikasi Halal, Didampingi Alisa Khadijah ICMI Jatim dan Mahasiswa KKN

Dari pantauan di lokasi, kegiatan kebersihan sekolah dilakukan bersama dengan melibatkan seluruh siswa kelas 1 hingga kelas 6. Untuk pembagian tugas, setiap kelas dipandu oleh koordinator kelas masing-masing perwakilan dari Mahasiswa KKN-P 77.

"Alhamdulillah para murid melakukan kegiatan sadar kebersihan dengan antusiasme tinggi. meskipun terdapat beberapa murid yang masih kurang sadar akan kebersihan, namun secara pelan-pelan dapat kita tuntun dan kita beri arahan sehingga kegiatan berlangsung dengan baik," ujar Ahmad Jabbar Lathif, Koordinator KKN-P 77 kepada Surabaya Pagi.

Terpisah, Kepsek SDN III Gambiran, Erma Suryani mengatakan kegiatan sadar kebersihan di lingkungan sekolah yang dipimpinnya ini sangat berarti lebih. Karena bisa menanamkan perilaku bersih dan sehat kepada seluruh siswa sejak dini.

"Saya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN-P UMSIDA ini,” sambutnya.

Baca Juga: Mahasiswa Harus bisa Kerjasama dengan Siapapun dalam Kondisi Apapun

Selain kegiatan sadar kebersihan di SDN Gambiran III, mahasiswa KKN-P UMSIDA juga membuat papan jalan sebagai petunjuk arah atau petunjuk jalan di Desa Gambiran.

Inisiatif pembuatan papan jalan ini diawali dengan melakukan survey kondisi desa, dimana kondisi geografisnya sangat luas namun terdapat jalan yang belum memiliki papan penunjuk arah di desa.

Papan yang terbuat dari kayu dan tiang ini ditujukan untuk delapan arah diantaranya Dusun Panggang Lele, Dusun Gambiran, Dusun Pintrang, Dusun Wonokerso, Dusun Pecalukan, SDN Gambiran III, TK PKK Gambiran II, dan Dusun Nderesan.

Baca Juga: PSBL Unitomo Hibahkan Alat Panen Air Hujan ke Desa Padusan

"Papan yang sudah jadi kita serahkan langsung kepada pihak desa, semoga bisa membantu masyarakat luar dalam mencari lokasi atau tempat yang ingin dituju," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Gambiran, Shofwatul Ayu Nabilah, mengaku bersyukur desanya teroilih menjadi lokasi KKN-P 77 UMSIDA. Sebagai perangkat desa, ia menyambut baik kegiatan tersebut.

“Terimakasih telah membuat papan jalan. Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang hendak berkunjung ke desa gambiran, saya selaku sekertaris desa merasa terbantu dengan adanya program KKN yang adik-adik laksanakan,“ ujarnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU