Mentan Syahrul tak Jadi di-Reshuffle, Diduga Campur Tangan Surya Paloh

Terlihat Syahrul Yasin Limpo (paling depan) meninggalkan Istana Negara diikuti beberapa menteri lain.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta- Beberapa jam sebelum pengumuman reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo, ada beberapa pejabat berdatangan ke Istana Merdeka dan ada yang malah meninggalkan Istana. Padahal, Rabu (15/6/2022) siang itu, jam masih menunjukan pukul 11.00 WIB. Pengumuman reshuffle diagendakan pukul 13.30 wib.

Siang itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninggalkan kawasan Istana. Menggunakan mobil dinas bernomor polisi RI 35, Budi pergi ke luar. Juga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terlihat meninggalkan Istana menggunakan mobil bernomor RI 37.

Termasuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim.

Herannya, Syahrul, Budi, dan Nadiem enggan berbicara kepada media yang menunggunya. Siang itu, ketiganya terlihat datang menggunakan kemeja putih, bukan jas.

Beberapa wartawan menduga Syahril Limpo, lolos dari reshuffle. Ini pembicaraan wartawan saat ada pemanggilan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (14/6/2022) sore hingga malam.

Saat itu, mendadak Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh datang ke Istana Kepresidenan, Jakarta. Kedatangannya untuk menemui Presiden ini tak diketahui oleh pers, karena bos Media Indonesia ini masuk lewat pintu Istana Merdeka di sisi sebelah barat atau Wisma Negara.

Sementara sejumlah menteri lainnya yang dipanggil mendadak pada sore hingga malam lalu itu masuk lewat pintu sebelah timur Istana Negara di Jalan Veteran III.

Ketua DPP Partai Nasdem Charles Meikyansyah saat dihubungi wartawan mengonfirmasi kehadiran Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh di Kompleks Istana Kepresidenan. Surya Paloh masuk dari pintu Wisma Negara.  ”Itu (reshufflle) tunggu Presiden itu. Urusannya Presiden itu nanti,” jelasnya.

Pergunjingan ramai, Syahrul Limpo, yang kader NasDem, dianulir untuk ikut reshuffle, diduga karena campur tangan Surya Paloh.

 

Syahrul Limpo Bereaksi

Sorenya Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memberikan tanggapan soal isu perombakan kabinet (reshuffle) yang disebut akan digelar pada Rabu (15/6/2022).

Politikus Nasdem itu juga memberikan tanggapan soal kabar dirinya menjadi salah satu menteri yang akan di-reshuffle Presiden Joko Widodo. "Aku enggak tahu tuh. Aku kerja saja," ujar Syahrul usai menghadiri rapat terbatas soal pangan di kompleks Istana Kepresidenan.

Saat disinggung apakah dirinya secara khusus pernah diajak berbicara mengenai reshuffle oleh pihak Istana, Syahrul pun menyatakan tidak pernah.

"Enggak. Aku enggak ngerti. Kamu pertanyaannya susah," ungkapnya menjawab pertanyaan wartawan.

"Aku kerja saja. Ada Allah yang mengatur segalanya," ungkapnya.

Syahrul juga menjelaskan, pada rapat terbatas hari ini Presiden Jokowi hanya membahas soal pangan. Salah satunya, dirinya diminta untuk mempersiapkan jika ada kelebihan stok beras.

"Salah satunya aku diminta mempersiapkan kalau memang kelebihan beras cukup, sekali-kali kita ekspor," katanya. n tm/erc