Pabrik Palet di Surabaya Dilalap Si Jago Merah

Asap hitam pekat membumbung tinggi di kawasan Surabaya Barat. SP/Mahbub Fikri

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Video kebakaran berdurasi tiga puluh sembilan detik viral di grup Whatsapp. Dalam video tersebut netizen mengabarkan si jago merah membakar sebuah pabrik palet di dekat SPBU Margomulyo Surabaya, Rabu (31/3/2021) siang.

Nampak video yang beredar si jago merah melalap dan terlihat kepulan asap berwarna hitam membumbung tinggi di udara sekitar tempat kejadian perkara.

Menurut keterangan netizen di video mengatakan pabrik palet plastik sebelah SPBU Margomulyo terbakar.

“Viral-viral kebakaran,” kata seorang netizen di dalam video tersebut.

Dalam video juga terdengar sirine petugas memberikan penanganan dan keamanan area sekitar. Dalam penanganan kejadian ini seluruh petugas tetap menggunakan protokol kesehatan guna mendukung pencegahan penyebaran Virus Covid-19.

Kebakaran ini menimbulkan asap hitam pekat yang membumbung tinggi di kawasan Surabaya Barat. Warga sekitar pun panik melihat kepungan asap.

"Iya. Yang terbakar pabrik palet plastik. Kejadiannya tadi sekitar pukul 12.15 WIB," ujar Kanitreskrim Polsek Tandes, Ipda Gogot Purwanto, Rabu (31/3/2021).

Gogot menjelaskan bahwa kebakaran ini pertama kali diketahui oleh karyawan gudang. Saat itu, para karyawan tengah beristirahat makan siang. Sebelum melapor ke Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya, para karyawan dan sekuriti sempat berusaha memadamkan api secara manual.

"Kalau menurut keterangan dari saksi-saksi sebelum kejadian, di dalam ada 30 karyawan. Terus ada api yang muncul di dalam, kemudian dilaporkan ke sekuriti," tuturnya.

Selain menghanguskan gudang tersebut, api juga sempat merembet ke pemukiman warga. Namun, Gogot belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut mengenai jumlah rumah yang terdampak kebakaran tersebut.

"Saat ini tim masih fokus untuk proses pemadaman dan pembasahan," tutupnya. fm