Pasien Lokal Tersisa 5 Orang, Kontribusi Kesembuhan RSLI Capai 15,43 Persen di Surabaya

Nakes RSLI saat melakukam apel pagi. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Pasien lokal di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya mengalami penurunan yang sangat signifikan selama sepekan terakhir.

Data yang dikumpulkan Surabaya Pagi menunjukan, pasien lokal di RSLI per 19 September tersisa 5 orang. Angka ini menurun hampir 3 kali lipat bila dibandingkan dengan tanggal 14 September lalu yang mencapai 15 pasien.

"Untuk pasien, updetan terbaru di RSLI, pasien lokal tersisa 5 orang. Sisanya dari PMI (pekerja migran Indonesia-red) ada sekitar 270 orang," kata Ketua relawan pendamping Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 Rumah Sakit Lapangan Indrapura (PPKPC-RSLI) Radian Jadid, Minggu (19/09/2021).

Secara atau recovery rate, tingkat kesembuhan di RSLI mencapai 92,8 persen. Setidaknya ada sekitar 9.798 pasien yang dinyatakan sembuh dari covid-19 selama lebih dari satu tahun, dengan total pasien yang dirawat di RSLI mencapai 10.559 pasien.

Tingginya recovery rate ini berpengaruh pada angka kontribusi pasien. Untuk tingkat lokal Surabaya, kontribusi kesembuhan pasien RSLI mencapai 15,43 persen. Sementara Jatim mencapai 2,73 persen dan nasional di angka 0,25 persen.

Selain menurunnya pasien lokal, hingga hari ini, RSLI belum menerima pasien cluster PMI. Musababnya, adanya penghentian sementara yang dilakukan imigrasi terhadap kedatangan PMI di wilayah Jatim dengan Surabaya sebagai pintu masuknya.

"Kedatangan PMI ke Surabaya dihentikan sampai tanggal 20 besok, jadi sampai hari ini tidak ada pasien PMI. PMI hanya turun di Jakarta dan Manado. Dengan demikian pasokan pasien juga kosong," aku Jadid.

Bila penghentian kedatangan PMI ditetapkan secara permanen, kata Jadid, kemungkinan besar operasional RSLI akan dihentikan karena tugasnya dalam membantu fungsi pelayanan kesehatan khususnya terhadap pasien covid-19 telah selesai dilaksanakan.

"Tadi pagi baru dapat info, kalau misalkan tanggal 20 besok, PMI dihentikan kedatangannya maka RSLI selesai. Tidak menunggu bulan Desember tapi mungkin Oktober ini sudah tidak beroperasi lagi," terangnya.

Sebagai informasi, jumlah pasien PMI yang datang ke Surabaya mencapai 27 ribu PMI. Dari jumlah tersebut sekitar 8,8 persen PMI terkonfirmasi positif covid-19.sem