PDI-P, PKB dan Gerindra Jadi Idola Generasi Millenial Jawa Timur

Pemaparan hasil Survey SSC di Surabaya, Senin (12/04/21). SP/Riko Abdiono

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Meski pemilu 2019 sudah selesai 2 tahun lalu, tiga besar partai politik masih dipegang PDI Perjuangan, PKB dan Partai Gerindra. PDI-P bahkan masih menjadi partai diminati kaum millenials Jatim sampai saat ini. Fakta tersebut terungkap dari paparan lembaga survey SSC (Surabaya Survey Centre).

Direktur SSC Mochtar W Oetomo, dari hasil survey yang dilakukan, PDI-P berada di posisi puncak dengan perolehan 22.9 untuk survey top of mind. Baru kemudia disusul oleh PKB dan Gerindra yang masing-masing mengantongi 9.5 dan 5.8 persen di urutan kedua dan ketiga.

“Apa yang dicapai PDIP ini sesungguhnya tidak mengherankan ya. Modal mereka sebagai partai juara di 10 tahun terakhir memang masih sangat kuat. Sehingga, hasil yang mereka capai pun bisa jauh mengungguli rivalnya seperti PKB atau Gerindra,” ujarnya disela pemaparan hasil Survey SSC di Surabaya, Senin (12/04/21).

Bahkan kata Mochtar, secara elektabilitas PDIP berada di posisi pertama dengan perolehan 26,73 persen. Baru kemudian disusul oleh PKB dengan 16.3 persen dan Gerindra dengan 9.5 persen.

“Menariknya, di survey elektabilitas ini, masih ada 20.5 persen responden yang memilih untuk tidak menjawab atau menyatakan tidak tahu. Ini berarti masih ada peluang atau ceruk yang cukup besar untuk diperebutkan dan digarap oleh partai-partai lainnya, walau tentu memenangkan suara millennials juga tidak mudah,” ungkapnya.

Pria yang juga dosen FISIP Trunojoyo Madura ini juga mengatakan, dari hasil survey para kalangan mellennials Jatim, PDIP dipandang sebagai partai yang paling peduli dengan rakyat kecil. Serta dinilai paling peduli dengan penanganan pandemic COVID-19.

“Millenials menilai jika PDIP paling peduli dengan nasib rakyat kecil. 24.2 persen responden menyatakan hal itu. Kemudian dilanjut oleh PKB dengan 11.3 persen dan Gerindra dengan 7.8 persen,” jelasnya.

"Untuk kepedulian terhadap COVID-19, PDIP berada di puncak tiga besar dengan 15.8 persen, diikuti oleh PKB dan Gerindra yang masing-masing 8.2 dan 5.5 persen,” lanjutnya.

Mochtar juga mengatakan PDIP juga dinilai oleh kelompok millennials sebagai partai politik yang kadernya paling sering turun ke lapangan. Atribut dari partai berlogo moncong banteng ini pun dinilai oleh kelompok millennials itu paling sering dilihat dan ada dimana-mana.

“Menurut 27.1 responden kami, kader-kader PDIP ini sering turun ke lapangan untuk bertemu dengan konstituennya. Di tiga besar, Ia diikuti oleh PKB yang meraih 15.4 persen dan Gerindra dengan 9.3 persen,” pungkas Mochtar.

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 5-25 Maret 2021 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.  Sebanyak 1070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan millennials dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid.  rko