Pemerintah Kabupaten Tulungagung Raih Penghargaan WTP dari BPK RI

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 09 Nov 2021 17:02 WIB

Pemerintah Kabupaten Tulungagung Raih Penghargaan WTP dari BPK RI

i

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat menerima penghargaan WTP BPK RI

SURABAYAPAGI.COM, Tulungagung - Pemerintah Kabupaten Tulungagung kembali mendapatkan penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas pencapaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2020.

Penghargaan secara simbolis dalam bentuk piagam opini WTP diterima oleh Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM yang diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa di Hotel Konkoon, Banyuwangi, Jumat (29/10/2021) kemarin. 

Baca Juga: Bidhumas Polda Jatim Sabet 2 Penghargaan dalam Rakernis Humas

Selain Gubernur Jatim Khofifah, prosesi penyerahan penghargaan juga dihadiri Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur, Taukhid, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Ir. Heru Tjahjono, serta 38 Bupati dan Walikota se-Jatim selaku penerima penghargaan.

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jatim Taukhid menyampaikan, pemerintah pusat memberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang telah berupaya keras untuk membuat LKPD dengan wajar, sehingga memperoleh opini tertinggi dari BPK, yakni WTP.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Tegaskan Pentingnya Sinergitas Tingkatkan Capaian IKU Pemprov Jatim

“Alhamdulillah, pada kesempatan LKPD tahun 2020 hampir semua pemerintah daerah di Jatim memperoleh opini WTP, kecuali Kabupaten Jember yang memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), ” ujarnya. 

Dalam sambutannya Gubernur Khofifah menyampaikan, bahwa yang terpenting dari opini WTP ini adalah bagaimana merepresentasikan keuangan publik yang benar benar untuk rakyat. Dampaknya pada kemakmuran rakyat, dan keuangan itu berdampak pada ekonomi rakyat.

Baca Juga: Pemprov Jatim Layani Mudik dan Balik Gratis Kepulauan

Sementara itu, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam pernyataannya menyampaikan rasa syukur atas pencapaian Pemerintah Kabupaten Tulungagung ini. Pihaknya juga berharap agar prestasi ini dapat menjadi pemicu semangat baru untuk meningkatkan kinerja maupun penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) di tahun-tahun berikutnya berdasarkan asas material standar akuntansi pemerintahan.

Bupati Tulungagung pun mengaku cukup bangga atas kinerja yang telah dilakukan oleh seluruh pegawai Pemerintah Kabupaten Tulungagung. “Saya sangat berterimakasih dan memberikan apresiasi yang tinggi. Perolehan ini juga atas kinerja bersama supaya kedepannya bisa terus lebih baik,” ungkapnya. can

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU