Pemkab Nganjuk Ajukan Hutan untuk Pendirian Kawasan Industri

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 22 Mei 2023 10:20 WIB

Pemkab Nganjuk Ajukan Hutan untuk Pendirian Kawasan Industri

i

Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi. Foto: Pemkab Nganjuk.

 SURABAYAPAGI.COM, Nganjuk – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk berencana membabat hutan seluas 1.200 hektare untuk pembangunan kawasan industri. Hal tersebut nertujuam agar lahan pertanian milik petani di Nganjuk tidak banyak yang dialihfungsikan sebagai tempat pendirian pabrik beragam industri.

Maka dari itu, Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengajukan izin pemanfaatan lahan hutan untuk pendirian pabrik industri ke Kementerian Lingkungan Hidup (LH).

Baca Juga: Safari Ramadhan, Pj Bupati Nganjuk Ajak Pererat Silaturrahmi

Permohonan itu untuk lahan hutan yang masuk KPH Jombang dan KPH Nganjuk, ataupun KPH Kediri serta KPH Madiun. Di mana pemanfaatan lahan hutan tersebut dengan pola kontrak kerjasama atau bentuk lainnya yang saling menguntungkan.

"Dalam tahap awal, kami ingin lahan di KHP Jombang dan KPH Nganjuk yang bisa diberi izin dan disetujui untuk dijadikan sebagai lahan pendirian pabrik industri. Dari pada pendirian pabrik industri mencaplok lahan pertanian milik petani," kata Marhaen, Minggu (21/5/2023),

Marhaen menerangkan, kebutuhan lahan untuk pabrik industri di Nganjuk saat ini mencapai sekitar 800 hektare. Jumlah kebutuhan lahan tersebut diperkirakan akan terus bertambah seiring semakin banyaknya investor yang akan berinvestasi di Nganjuk.

Baca Juga: Ribuan Buruh Rokok SKT Ucapkan Terimakasih ke Jokowi Lewat Bayu Airlangga

"Untuk itulah, kami tidak ingin lahan pertanian di Kabupaten Nganjuk menurun drastis. Karena bagaimanapun, sektor pertanian masih menjadi penyumbang utama pendapatan atau mata pencaharian masyarakat Nganjuk," ujarnya.

Memang, Marhaen mengakui bahwa dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Nganjuk yang mencapai sekitar Rp 30 triliun, sekitar 30 persen atau mencapai Rp 10 triliun berasal dari sektor Pertanian.

Oleh sebab itu, Nganjuk tidak bisa mengabaikan begitu saja perkembangan sektor usaha Pertanian untuk bisa mensejahterakan masyarakatnya. Justru menurutnya, usaha sektor pertanian harus semakin dikembangkan dan ditingkatkan hasilnya.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Resmikan Pasar Baru Kertosono Nganjuk

Apalagi dengan sektor pertanian yang berkembang lebih baik maka kesejahteraan masyarakat Kabupaten Nganjuk bisa ditingkatkan. Bahkan, ketahanan pangan di Kabupaten Nganjuk bisa terus dijaga kelangsunganya dengan hasil produk Pertanian yang melimpah.

"Itulah mengapa Pemerintah Daerah berupaya terus untuk mengembangkan dan meningkatkan serta mempertahankan usaha sektor Pertanian yang masih menjadi mata pencaharian masyarakat Kabupaten Nganjuk," pungkasnya. ngj

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU