Pemkot Batu Siapkan 3.000 Vaksin Covid-19 Atasi Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 01 Nov 2020 13:22 WIB

Pemkot Batu Siapkan 3.000 Vaksin Covid-19 Atasi Pandemi

i

Salah satu warga yang melakukan rapid test di Pasar Besar Kota Batu. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Batu - Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mengungkapkan saat ini Kota Batu membutuhkan vaksin Covid-19 kurang lebih ada 3 ribu vaksin, Minggu (01/11/2020).

Dinas Kesehatan Kota Batu akan melakukan vaksinasi Covid-19 tersebut pada  Maret 2021 mendatang. Anggaran yang diajukan kepada DPRD Kota Batu kurang lebih Rp 2,9 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Baca Juga: Pemkot Batu Mulai Bongkar Kios Pasar Relokasi

Punjul menjelaskan bahwa kebutuhan vaksin tersebut akan diprioritaskan kepada mereka dengan risiko tinggi. Misalnya petugas kesehatan, TNI, Polri, petugas pelayanan. Setelah itu, vaksin baru akan diberikan kepada masyarakat Kota Batu. 

“Mereka yang mendapatkan vaksin ini diutamakan bagi yang bertugas di lapangan karena rentan terkena Covid-19. Setelah itu akan diberikan kepada masyarakat,” terangnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu Kartika Trisulandari menambahkan, setelah mereka yang di lapangan mendapatkan vaksin, selanjutnya diberikan kepada aparatur sipil negara (ASN), tokoh masyarakat atau agama, tenaga pendidik, dan masyarakat umum.

Baca Juga: BPBD Kota Batu Canangkan Pembentukan Wisata Tangguh Bencana

“Karena itu ini Dinas Kesehatan Kota Batu bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu untuk melakukan pendataan bagi warga yang akan menerima vaksin,” ucapnya. 

Penerima vaksin Covid-19 di targetkan bagi warga yang usianya 15-59 tahun. Penerima vaksin masing-masing akan mendapatkan dua kali injeksi. Antara injeksi pertama dan kedua diberi rentang waktu 14 hari. “Satu orang dapat dua kali,” kata Kartika.

Baca Juga: Libur Lebaran, Pemkot Batu Target 1 Juta Kunjungan Wisatawan

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota tersebut, memang jadwal pemberian vaksin kepada warga Kota Batu berbeda dengan pemerintah pusat yang berencana memberikan vaksin pada November. Sebab, hasilnya akan dilakukan review pada akhir Januari 2021 mendatang. Dsy8

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU