Penetapan Jasa Konsultan Perencanaan di Kementerian Agama Sampang, Diduga Kongkalikong

Abdul Aziz.

SURABAYAPAGI, Sampang- Pengadaan langsung jasa konsultan perencanaan di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Sampang, Madura, Jawa timur ada dugaan kongkalikong.

Sebab, Hasil penelusuran pada lpse.kemenag.go.id yang ditetapkan sebagai perusahaan yang melaksanakan perencanaan, CV. Rayaitama Jaya Konsultan dengan nilai penawaran Rp. 64.812.000,00 beralamat di Jl. Jaksa Agung Suprapto-Sampang.

Setelah melihat ada penetapan, Ketua Dewan Pengawas Gerakkan Masyarakat Peduli Korupsi (GMPK) Kabupaten Sampang, Abdul Aziz Agus Priyanto SH, mempertanyakan apa latar belakang menetapkan pada CV konsultan tertentu untuk mengerjakan dokumen perencanaan kepada Abdul Gafur selaku Personal In Contac (PIC) di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Sampang.

“Saya tidak enak, dia yang saya mintai tolong buatkan RAB," kata Gafur, yang disampaikan di ruang tunggu Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) disaksikan salah satu media sekaligus disaksikan satu pegawai Kemenag Sampang, Kamis (31/3/2022).

Sementara itu, penelusuran Surabayapagi pada tahun anggaran 2022 ini, Kementerian Agama RI melakukan revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) pada 31 Provinsi se Indonesia yang merupakan program prioritas untuk mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel dan moderat.

Salah satunya, Kemenag Kabupaten Sampang mendapatkan kucuran anggaran yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) untuk Pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Camplong.

Penelusuran pada laman lpse.kemenag.go.id, Rabu, (30/03/2022) lelang pada tahapan Evaluasi Administrasi, Kualifikasi, Teknis dan Harga dengan nilai pagu Rp. 1.135.000.000,00 (satu milyar seratus tiga puluh lima juta rupiah) dan diantara tanggal 12 April 2022 sampai dengan 17 April 2022 akan ditetapkan pemenang lelang.gan