Pol Espargaro Mengaku Buang-Buang Waktu dan Tenaga Bergabung ke Tim Honda

Pol Espargaro. Foto: MotoGP.

SURABAYAPAGI.COM, Spanyol - Pembalap asal Spanyol Pol Espargaro merasa bahwa dirinya telah membuang waktu dan tenaga saat bergabung ke tim Honda. Hal ini diketahui usai ia hengkang dari tim pabrikan asal Jepang tersebut pada akhir musim ini.

Ada penyesalan besar dari Pol Espargaro saat menjadi bagian Honda selama dua tahun terakhir. Sebab, Pol Espargaro merasa diasingkan Honda setelah dirinya dipastikan gabung KTM di MotoGP 2023.

Ia berulang kali mengeluh saat Repsol Honda memilih berhenti memberinya komponen terbaru dari Honda untuk diuji setelah dipastikan bakal gabung KTM.

Espargaro membela Red Bull KTM Factory Racing pada 2017-2020, dan lalu pindah ke Repsol Honda pada 2021. Namun, pada pertengahan 2022, Mir diumumkan sebagai penggantinya untuk 2023. Sejak itu, Honda berhenti menyuplai perangkat terbaru, yang justru hanya diserahkan kepada Marquez dan Takaaki Nakagami.

Menurutnya, Honda tak pernah memberikan mesin baik kepadanya sebagaimana yang dimiliki oleh Marc Marquez.

Padahal, dua pembalap yang lain mendapatkan modifikasi motor sesuai dengan keinginan mereka. Bahkan di musim lalu, dua pembalap Honda itu juga diberi beberapa aksesoris pendukung seperti winglet, swing arm, dan sasis.

Karena itulah ia sulit beradaptasi dengan RC213V sehingga harus puas dengan perolehan satu podium. Bahkan pada musim kedua ia belum menemukan setelan yang pas hingga akhirnya posisinya merosot tajam di peringkat 16 dengan total poin 56.

Espargaro, yang musim depan membela Tech 3 GASGAS Factory Racing, mengatakan cara kerja Honda yang satu itu sangat berbeda dari KTM.

Karena itulah ia merasa menyesal pernah berada di Honda. Menurutnya, ia hanya membuang-buang waktu dan tenaga saja.

 “Yang pasti, saya tidak menyukainya, dan saya merasa mereka membuang-buang waktu dan uang mereka dengan saya. Karena saya bisa termotivasi dengan kekuatan penuh dan meraih hasil serta lebih menikmati banyak hal." ujar Por Espargaro dilansir dari Motorsport, Jumat (2/12/2022). spn