Polres Blitar Sosialisasi Warga untuk Cegah Pungli

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Mei 2023 16:31 WIB

Polres Blitar Sosialisasi Warga untuk Cegah Pungli

i

Beberapa warga masyarakat sampaikan uneg-unegnya pada Bhabinkamtibmas. SP/Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Polres Blitar, melakukan kegiatan sosialisasi anti pungutan liar kepada masyarakat pada Minggu (21/5) pagi yang bertempat di rumah Kepala Dusun Tawang Desa Bendosewu, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar.

Dalam sosialisasi itu, Kapolres Blitar AKBP Anhar Arlia Rangkuti S.I.K. melalui Kasi Humas Polres Blitar Iptu Udiyono menyampaikan pada warga masyarakat mengajak untuk bersama-sama berantas pungli yang meresahkan. 

Baca Juga: Polres Blitar Ungkap 3 Kasus Street Crime, dengan 9 Tersangka

Untuk itu Iptu Udhiyono  menyampaikan agar melaporkan segala bentuk pungutan sehingga tidak terjadi korban penipuan atau ancaman ancaman kepada Unit Saber Pungli Jawa Timur melalui call center 08113161193. 

"Bapak Kapolres juga menekankan dan menjamin bahwa identitas pelapor akan tetap aman dan dirahasiakan serta terlindungi," tegas AKBP Anhar lewat Iptu Udhiyono.

Baca Juga: Saat Ditinggal Shalat Tarawih, Sapi Warga Blitar Dicuri, Korban Rugi Rp 15 Juta

Lebih jauh Kasi Humas mengatakan, bahwa sosialisasi ini merupakan upaya Polri untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam memberantas pungli. “Kami berharap warga Kabupaten Blitar berani melaporkan oknum-oknum apapun itu oknumnya yang melakukan pungli, demi terciptanya tata pemerintahan yang bersih dan transparan,” terangnya.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, selain dihadiri warga tak ketinggalan Bhabinkamtibmas Polsek Talun yang membawahi Desa Bendosewu.

Baca Juga: Bupati Blitar Resmikan Dua Palang Pintu Kereta Api di Wilayah Srengat dan Talun

Untuk itu Polres Blitar secara dini melakukan sosialisasi dan mengajak warga masyarakat untuk melibatkan diri aktif dalam memberantas praktik pungli, tidak menutup kemungkinan mereka lakukan dengan mengatasnamakan instansi atau kelompok kelompok tertentu. 

"Pak Kapolres dengan tegas untuk berantas Pungli dengan berbagai cara (modus) untuk itu diharapkan kesadaran dan partisipasi masyarakat, pungli dapat diantisipasi secara efektif, sehingga tercipta lingkungan yang bersih dari korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan," pungkas mantan Dikyasa SatLantas Polres Blitar ini. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU