Reses Wara Renny di Kediri, Usulkan CSR BUMD Bantu Modal PKL

Ketua Komisi E DPRD Jatim Renny Sundari Wara Pramana saat reses di Kediri, kemarin (10/11/2020).

KEDIRI - Peran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) diminta untuk membantu masyarakat yang bergerak di bidang UMKM khusunya PKL. Bantuan ini bisa diambilkan dari CSR (Corporate Social Responsibility yang dimiliki BUMD.

Hal ini dicetuskan Hj Wara Sundari Renny Pramana , anggota DPRD Jatim  dari daerah pemilihan (Dapil) Kota Kabupaten Kediri saat reses III DPRD Jatim di desa Klampitan Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, Selasa (10/11/20).

Politisi  PDI Perjuangan Jatim ini cukup beralasan. Sebab dalam reses yang digelar dihalaman rumah kepala desa Klampitan yang dihadiri 100 orang yang tergabung dalam paguyupan PKL kecamatan Purwoasri, para PKL banyak yang mengeluhkan kurangnya modal dalam usaha mereka.

Dimana mereka banyak mengeluhkan butuh pinjaman modal, untuk mengembangkan usaha mereka saat ini. Seperti meningkatkan kuantitas prodak yang mereka jual maupun gerobak yang menjadi tempat usaha mereka.

"Kami ingin agar ibu bisa membantu kami.kami butub gerobak untuk jualan. Ya kalau tidak bisa membantu secara tunai minimal bisalah ibu memberikan rwkomendasi agar kita bisa pinjam modal dengan mudah tidak ribet," ujar warno salah satu PKL yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Menurut Bunda sapaan akrab Wara Sundari Renny Pramana, dalam kondisi saat ini, dimana sektor ekonomi mulai bangkit setelah terpuruk beberapa waktu lalu. Maka sudah sewajarnya pemerintah hadir untuk semakin menggeliatkan usaha mereka.

Bantuan modal yang ditawarkan oleh perbankan kata Bunda masih banyak yang memberikan syarat yang cukup menyulitkan mereka para PKL yang ada.

"Kita punya BUMD yang pasti setiap tahun memikiki CSR, kenapa CSR tidak diserahkan untuk membantu mereka. Khan tidak salah bila CSR tersebut kita berikan untuk membantu memenuhi kebutuhan mereka untuk kembali bangkit dari keterpurukan," ungkapnya.

Wanita yang juga ketua Komisi E DPRD Jatim ini dalam reses yang berlangsung juga meminta agar generasi muda yang tergabung dalam karang taruna untuk juga membuat program program ekonomi.

"Saya mengajak generasi.mida karang taruna yang ada di kecamatan Purwoasri ini khususnya dan generasi muda lainnya untuk terus berkarya dalam ikut meningkatkan perekonomian yang ada di wilayahnya untuk kesejahteraan masyarakat sekitar,"

Apalagi sebagai generasi muda yang ada di desa, maka lanjutnya peran generasi muda sangat diharapkan dalam membuat terobosan untuk mengairahkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Tadi saya sepakat dengan Karang taruna di Purwoasri yang punya keinginan ada destinasi wisata yg bersinergi dg hasil karya karang taruna di Kec. Purwoasri. Inj symbiosis mutualisme agar karang taruna berdaya. Saya dukung ide ini," pungkasnya. rko