Siswa Harus Punya Mindset Growth untuk Selalu Lebih Baik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 19 Jan 2023 16:01 WIB

Siswa Harus Punya Mindset Growth untuk Selalu Lebih Baik

i

Bupati saat memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMAN 1 Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Bupati Yuhronur Efendi mengajak kepada siswa dan siswi di Lamongan agar tidak hanya mempunyai fixed mindset (mindset tetap) yang berkutat pada prestasi dan ijazah, tapi mempunyai growth mindset (mindset yang tumbuh/berkembang) menjadi lebih baik. 

Hal itu disampaikannya saat membuka pelaksanaan kegiatan SMASA Excamp Diaspora Tahun 2023, pada Kamis (19/1/2023) di SMA Negeri 1 Lamongan jalan Veteran.

Baca Juga: 110 ASN Diambil Sumpah, Bupati Pesan Agar Pelayanan Publik Harus Berkualitas

Disebutkannya, dalam kegiatan yang digagas oleh Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Lamongan Tahun 2022 tersebut, bupati berpesan selain para peserta didik senantiasa menghormati gurunya, menjadi manusia yang kuat jiwa dan raganya, juga menumbuhkan growth mindset untuk dapat terus maju dan berkembang.

“Ada hal yang penting sebagai bekal, salah satunya tentang mindset. Jadi mindset ini ada 2 macam, fixed mindset (mindset tetap) dan growth mindset (mindset yang tumbuh/berkembang)," terangnya.

Lebih jauh bupati yang kerap disapa Pak Yes ini menyebutkan, mindset tetap itu berkutat pada prestasi dan ijazah, sedangkan mindset tumbuh ini adalah keinginan untuk maju dan tumbuh menjadi lebih baik. "Ketika ada dalam diri kita keinginan untuk maju, keinginan untuk tumbuh, maka itu berarti sudah ada growth mindset pada diri kita," jelasnya.

Baca Juga: Kini, Kabag Keuangan Lamongan Diperiksa KPK

Ditanya oleh salah satu peserta didik tentang prinsip yang menjadi pegangannya sehingga bisa menjadi sukses, dia menjawab bahwa rasa mencintai terhadap apa yang dilakukan merupakan sebuah kunci. Menurutnya kesuksesan akan datang dengan sendirinya ketika seseorang mencintai apa yang ia lakukan, prestasi dan kesuksesan merupakan sebuah bonus dan bukan semata tujuan akhir yang ingin diraih.

“Saya selalu mencintai apa yang saya lakukan, menjadi Sekretaris Daerah dan Bupati itu bonus. Sebenarnya, sukses akan datang dengan sendirinya ketika kita mencintai apa yang kita lakukan,” jawabnya.

Baca Juga: Lagi, KPK Periksa Kabag Perencanaan dan Keuangan Setda Lamongan

Ia juga berharap apa yang disampaikan tersebut akan mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi peserta didik, untuk melangkah menuju masa-masa perkuliahan kedepannya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU