Soroti Pedagang Pasar Tumpah PPI, BHS Desak Pemkot Perhatikan Fasilitas dan Infrastruktur Pasar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 08 Jun 2023 22:42 WIB

Soroti Pedagang Pasar Tumpah PPI, BHS Desak Pemkot Perhatikan Fasilitas dan Infrastruktur Pasar

SurabayaPagi, Surabaya - Ketua Dewan Pakar DPP Partai Gerindra Bambang Harjo Soekartono (BHS) bersama tim BHS Peduli mengunjungi Pasar Tumpah yang terletak di Jl. PPI Jepara, Kecamatan Krembangan, Surabaya, Kamis (8/6/2024).

Pada kunjungannya kali ini, BHS memastikan kelayakan infrastruktur dan kelayakan pasar yang menurutnya merupakan tempat yang terkenal dengan kegiatan pelayanan sejak jaman Belanda tersebut.

Dikesempatan kali ini BHS didampingi oleh pengurus dan Ketua DPC Partai Gerindra Surabaya Cahyo Harjo Prakoso.

BHS menilai pasar PPI tak mampu menampung jumlah pedagang di kawasan tersebut, hal ini membuat para pedagang terpaksa membuka lapaknya di sepanjang jalan ruas Jepara. 

Dari kondisi yang di alami oleh pedagang pasar PPI, BHS berharap pasar PPI mendapatkan perhatian dari Pemkot Surabaya, agar para pedagang bisa berjualan dengan tenang.

Ini sebenarnya masih menjadi tanggung jawab PD Pasar, yang di mana gedung ini kita harapkan bisa direnovasi dan bisa ditempatkan pedagang-pedagang di tempat ini, " ucap BHS.

Dengan menempatkan pedagang dalam satu tempat di dalam pasar tersebut, maka BHS menilai perlu adanya peningkatan fasilitas seperti penambahan lantai, sebab PPI pasar sekarang hanya memiliki 1 lantai saja.

“Maka fasilitas infrastruktur perlu dibenahidibenahi, tidak hanya dari sisi lapak-lapak tapi juga kemungkinan akomodasi untuk istirahat orang, bapak-bapak perlu istirahat di situ,” terang pria yang maju menjadi caleg DPR RI tersebut.

Selain penambahan lantai, BHS juga mendorong pasar PPI juga dilengkapi alat pemadam kebakaran, dan sebagai ketua Papera Jatim dirinya juga mendorong agar pedagang pasar bisa memperoleh KUR untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

Di tempat yang sama, Cahyo Harjo Prakoso akan mendorong fraksi Gerindra di DPRD Surabaya untuk segera memperbaiki fasilitas pasar PPI . Karena menurutnya berdasarkan UUD 1945 bahwa Negara memiliki tanggung jawab untuk memberikan fasilitas layanan umum yang baik dan layak. 

"Fasilitas umum itu tidak hanya mengenai pelayanan di internal penerintah tetapi juga fasilitas-fasiltas penunjang ekonomi dari wilayahnya,. Karena itu kita berharap ada perbaikan," tegasnya. 

Cahyo juga melihat situasi pasar yang pedagangnya meluber ke jalan jangan dianggap sebagai sebuah kewajaran.

“Kan terkadang ada yang pro-kontrapro-kontra, selain itu kita jangan sampai tidak hanya menggerakkan ekonomi kerakyatan secara global, karena kita tahu pedagang di sini bukan masyarakat asli sinisini. Nah infrastruktur pasar asli tadi kalau diberdayakan maka akan meningkatkan peran dari masyarakat asli wilayah ini untuk diperdagangkan di lokasi pasar,” ujarnya.

Selain menyapa dan mendengarkan keluh kesah pedagang pasar PPI, BHS dan jajaran pengurus DPC Gerindra Surabaya juga memborong sebagian barang yang dijual. Byb

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU