Sri Lanka Turun Kasta Jadi Negara Berpenghasilan Rendah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 11 Okt 2022 19:59 WIB

Sri Lanka Turun Kasta Jadi Negara Berpenghasilan Rendah

SURABAYAPAGI, Kolombo  -  Setelah badai krisis yang terus menghantam, kabinet pemerintahan Sri Lanka akhirnnya menyetujui proposal untuk menurunkan status ekonomi menjadi 'negara berpenghasilan rendah'.

Langkah ini diambil agar Sri Lanka mendapatkan akses pendanaan lunak dari organisasi internasional, kata juru bicara kabinet, Gunawardane.

Baca Juga: Berkah Singapura, Hapus Visa Bagi Turis China

Ekonomi Sri Lanka berada dalam kemerosotan terdalam dengan menyusut pada 8,4 persen tahunan pada kuartal Juni dalam salah satu penurunan kuartalan paling tajam. Bank Dunia menyatakan, PDB per kapita adalah 3.815 dolar AS pada 2021, yang telah menempatkannya dalam kategori ekonomi menengah ke bawah.

Kabinet pun telah memutuskan untuk menurunkan peringkat pulau itu menjadi "berpenghasilan rendah" dalam daftar Bank Dunia. "Mengingat krisis keuangan serius yang dihadapi Sri Lanka, perwakilan organisasi internasional telah memberi tahu kami bahwa jika Sri Lanka dikategorikan sebagai negara berpenghasilan rendah, akses pendanaan akan lebih mudah," kata Gunawardane.

Baca Juga: Tentara Bayaran WNI di Ukraina, Bisa Propaganda Rusia

Pulau Asia Selatan berpenduduk 22 juta orang itu sedang berjuang melawan krisis ekonomi terburuknya sejak kemerdekaan pada 1948 yang disebabkan oleh Covid-19. Padahal negara ini bergantung pada pariwisata dan memangkas pengiriman uang dari pekerja di luar negeri.

Kenaikan harga minyak, pemotongan pajak, dan larangan impor pupuk kimia selama tujuh bulan pada tahun lalu membuat kondisi negara itu semakin hancur. Krisis telah menyebabkan kekurangan dolar akut untuk membayar impor makanan, bahan bakar, dan obat-obatan, ditambah kondisi anjloknya rupee dan inflasi yang tak terkendali.

Baca Juga: UNESA Gandeng Universitas Islam Madinah Perkuat Mutu Pendidikan dan Jaringan Internasional

Bank Sentral Sri Lanka mempertahankan suku bunga stabil pekan lalu. Lembaga ini memperkirakan kontraksi produk domestik bruto 8,7 persen untuk 2022.reu

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU