Tanaman Merambat yang Berkhasiat Cegah Asam Lambung

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 29 Apr 2021 11:19 WIB

Tanaman Merambat yang Berkhasiat Cegah Asam Lambung

i

Daun Sirih. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Daun sirih yang termasuk tanaman merambat dengan memiliki ciri khas yang kuat, menyengat dan beraroma khas ini ternyata sudah dimanfaatkan sebagai obat sejak zaman 400 sebelum masehi.

Daun yang termasuk dalam keluarga tanaman piperaceae ini memiliki ciri fisik berwarna hijau gelap dan berbentuk hati. Sirih biasa dibudidayakan di negara-negara seperti Sri lanka, India, Malaysia, Afrika Timur, Filipina, dan Indonesia.

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

Selain mengandung flavanoid, sirih juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yang tak kalah penting untuk menjaga kesehatan tubuh seperti, vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten yang merupakan sumber kalsium yang bagus, tanning, saponin, eugenol dan beragam jenis minyak esensial lainnya.

Salah satu manfaat sirih untuk kesehatan adalah dapat mencegah asam lambung. Daun sirih dapat menghambat pembentukan lesi lambung, meningkatkan produksi lendir lambung (faktor penting yang melindungi terhadap agen penyebab maag) dan mengurangi volume sekresi asam lambung.

 Fitokimia dan polifenol yang ada dalam daun sirih memiliki sifat antioksidan dan anti-ulserogenik yang melindungi lapisan dalam usus terhadap racun dan iritasi lainnya.

Daun sirih juga merupakan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh untuk menetralkan radikal bebas. Membantu menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus penyebaran ke berbagai organ tubuh lainnya.

Baca Juga: KPU Surabaya Paparkan Seleksi Calon Panitia Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2024

Daun sirih dipercaya memiliki manfaat bagi tubuh yaitu dapat berguna sebagai obat pencegah penyakit diabetes. Daun sirih dipercaya dapat mengurangi kadar glukosa keseluruhan dalam darah yang sangat bagus bagi para penderita diabetes tipe 2.

Selain itu, melansir dari Stylecraze, daun sirih juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka yang biasanya menjadi masalah bagi penderita diabetes tipe 1. Daun sirih mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan yang baik untuk tubuh.

Manfaat daun sirih bagi tubuh yang selanjutnya adalah daun sirih mampu digunakan sebagai bahan antiseptik alami yang luar biasa.

Baca Juga: Gibran Absen di Otoda 2024 Surabaya, Mendagri Tito Bocorkan Alasannya

 Kandungan daun sirih yang kaya akan polifenol, terutama chavicol menawarkan perlindungan ganda dari kuman. Daun sirih dapat diaplikasikan pada luka untuk membunuh kuman.

Kandungan polifenol pada daun sirih juga dapat digunakan untuk mengurangi peradangan seperti radang sendi dan orkitis. Selain itu, minyak atsiri yang terkandung dalam daun sirih memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Dsy9

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU