Tekan Penyebaran Virus, PMS Perkuat Satgas Pengendalian Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 31 Mar 2021 14:50 WIB

Tekan Penyebaran Virus, PMS Perkuat Satgas Pengendalian Covid-19

i

Dirut Pelindo Marines Umar dalam diskusi stop diskriminasi penyintas C19. SP/ Humas PMS

SURABAYAPAGI.co, Surabaya - Langkah pencegahan penyebaran virus covid-19 terus digencarkan oleh anak perusahaan PT. Pelindo III yakni PT. Pelindo Merine Service (PMS) melalui tim satgas pengendalian Covid-19.

Baca Juga: KPU Surabaya Paparkan Seleksi Calon Panitia Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2024

Tim satgas yang bertugas menjadi motor penggerak pencegahan dan pengendalian covid-19 ini, terdiri dari jajaran direksi hingga pegawai lintas dapartemen.
 
Manajer Komunikasi Korporat dan Relasi Pemangku Kepentingan, Pelindo Marines Service Hafidz Novalsyah menjelaskan, sejak awal covid-19 diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada awal Maret 2020 lalu, pihaknya dengan cepat membentuk tim satgas tersebut.
 
"Sudah terbentuk lama, sejak Maret tahun lalu," kata Hafidz Novalsyah, Rabu (31/03/2021).
 
Lebih lanjut ia menjelaskan, tugas dari tim satgas ini adalah memastikan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) mulai dari gedung kantor, hingga ke sudut kapal serta stasiun Pandu di pulau Karang Jamuang. Tugas lainnya adalah dengan melakukan aksi disinfektan hingga mengkoordinir pelaksanaan rapid test ataupun swab test. 
 
"Satgas Pengendalian Covid-19 ini bertugas mengendalikan situasi penularan dan penyebaran virus. Apabila ada kasus terkonfirmasi Covid-19 segera dilakukan tracing, testing, dan treatment (3T). Setiap ada pegawai dan keluarga satu tempat tinggalnya yang positif segera dibantu perawatannya," ucapnya
 
Bagi pegawai dan keluarga pegawai yang terkonfirmasi positif, maka akan diberikan perawatan intensif di RS PHC Surabaya atau RS rujukan Kemenkes lainnya. Sementara itu, bagi yang terkonfirmasi namun tidak bergejala, akan difasilitasi perawatan isolasi mandiri yang layak agar sehat dan bisa bekerja bersama kembali. 
 
"Pekerja penyintas yang kembali bekerja selalu diterima dengan baik oleh seluruh pegawai lainnya tanpa ada pembedaan. Karena solidaritas dan kolaborasi juga merupakan kunci untuk terwujudnya imunitas bersama," tegasnya.
 
Selain meningkatkan kinerja satgas, PMS juga melakukan donor darah dan donor plasma Konvalesen. Pelaksanaan tersebut telah dilakukan pada Selasa (30/03/2021) kemarin di atas kapal RS Terapung Ksatria Airlangga.
 
Kurang lebih sekitar 120 peserta yang turut berpartisipasi dalam gelaran donor darah dan donor plasma konvalesen tersebut.
 
"Dari hasil screening yang dilalukan, yang layak untuk donor sebanyak 63 peserta," akunya.
 
Diharapkan dengan adanya aksi sosial tersebut, PMS dapat membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam memenuhi kebutuhan plasma konvalesen bagi masyarakat yang membutuhkan.
 
Perlu diketahui, pasokan stok darah di kota-kota besar di Indonesia saat ini menurun antara 30 persen hingga 50 persen. Untuk PMI Kota Surabaya dilaporkan membutuhkan sekitar 300 kantung darah per hari untuk kebutuhan rumah sakit di kota dengan julukan kota pahlawan. Sem

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU