Tiga Pekan Pasca Lebaran, RSLI Masih Rawat 56 Pasien PMI

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 01 Jun 2021 10:31 WIB

Tiga Pekan Pasca Lebaran, RSLI Masih Rawat 56 Pasien PMI

i

Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI). SP/ Anggadia Muhammad

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pasca Tiga pekan lebaran, Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) masih merawat 59 Pasien Pekerja Migran Indonesia (PMI) dengan rincian 28 laki - laki dan 31 perempuan.

Hingga Senin (31/5/2021) setidaknya sudah 11.350 pekerja migran yang masuk ke Jawa Timur dan 126 diantaranya terkonfirmasi positif dan telah dinyatakan sembuh sebanyak 67 orang.

Baca Juga: Gibran Absen di Otoda 2024 Surabaya, Mendagri Tito Bocorkan Alasannya

Dari data relawan PPKPC-RSLI, sebanyak 126 PMI yang dikonfirmasi positif terbanyak berasal dari malaysia dengan 96 orang.

Sesuai dengan standar penanganan covid pada pasien PMI, setidaknya sudah 48 sampel yang dikirimkan ke Laboratorium ITD dan Balitbangkes Jakarta Pusat untuk pemeriksaan lebih lanjut terkait perkembangan varian baru covid-19.

Hingga saat ini, baru dua sampel yang terkonfirmasi varian baru covid-19 yakni B. 117 (strain Inggris) dan B. 1351 (Strain Afrika Selatan). Kedua pasien telah dinyatakan sembuh dan bisa melanjutkan isolasi mandiri di rumah dengan monitoring Dinkes Setempat.

Baca Juga: SK Kwarda Jatim Terbit, Semangat Baru Bagi Pramuka Jawa Timur

Dr. Nalendra selaku Penanggung-Jawab dan Kepala Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) mengingatkan agar masyarakat tetap waspada dan melakukan langkah yang antisipatif terhadap varian baru yang mungkin terbawa oleh PMI.

Ia juga menyampaikan bahwa langkah - langkah tersebut perlu diambil untuk membantu pemerintah Indonesia memutus penyebaran Covid - 19 termasuk varian baru yang telah terdeteksi di Indonesia.

Baca Juga: Hari Kamis, Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Surabaya

"Malaysia mulai hari ini lockdown 14 hari karena penyebaran covid disana meningkat tajam, kita harus waspada agar kasus di Malaysia tidak terjadi di Indonesia", ujar Nalendra.

Diperkirakan gelombang datangnya PMI ke Jawa Timur akan terus terjadi hingga bulan Juli 2021 dengan perkiraan bisa lebih dari 18.000 orang.  Ag

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU