Tranformasi Digital, Bupati Yes Minta ASN Adaptif dan Aspiratif

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 17 Mei 2021 14:59 WIB

Tranformasi Digital, Bupati Yes Minta ASN Adaptif dan Aspiratif

i

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi (Yes) saat memberikan arahan kepada ASN. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Pandemi covid sangat mempengaruhi perubahan budaya kerja, hingga terjadi transformasi digital yang saat ini sudah menjadi kebiasaan baru di masyarakat. Karena itu, ASN maupun pemerintah dituntut untuk aspiratif dan adaptif di dalam menghadapi setiap persoalan yang terjadi sebagai akibat dari perubahan.

Hal itu disampaikan oleh bupati Lamongan, H. Yuhronur Efendi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) saat memimpin apel hari pertama masuk kerja, dan apel Korpri di halaman Kantor Pemkab setempat, pada Senin (17/5/2021).

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Ajak Kembali Semangat Bekerja dan Maksimalkan Pelayanan untuk Masyarakat

Disebutkan olehnya, tranformasi digital ini saat ini sudah menjadi kebiasaan baru di masyarakat. Untuk itu, ASN maupun pemerintah dituntut untuk aspiratif dan adaptif di dalam menghadapi setiap persoalan yang terjadi sebagai akibat dari perubahan.

"Saya minta ASN dalam melayani masyarakat untuk adaptif dan aspiratif," pinta bupati yang biasa dipanggil pak Yes ini menegaskan. 

Dalam kesempatan itu, Yes juga mengajak ASN Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk bersama-sama membulatkan tekad menghapus stigma masyarakat terkait birokrasi pemerintah yang lamban, tidak responsif, dan tidak melayani dengan baik.

“Momentum setelah Hari Raya Idul Fitri dan apel ini kita harus terus bertekad untuk melayani dengan baik, menjadi birokrasi yang aspiratif, adaptif, dan memberikan transformasi pelayanan publik yang baik kepada masyarakat. Lebih-lebih masyarakat sekarang tuntutannya makin tinggi dan tentu berbeda dari tahun-tahun sebelumnya," ajaknya.

Baca Juga: Bupati Lamongan Berangkatkan 3 Bus Balik Gratis

Untuk menghadapi tuntutan masyarakat itu lanjutnya, diperlukan adanya SDM yang mumpuni dan handal, serta proses yang cepat juga responsif.

"ASN Pemkab Lamongan untuk memperbaiki mekanisme respon tuntutan publik dengan berfikir kedepan (think a head), berfikir strategis, dan berfikir lintas (think a cross)," ujarnya.

Lebih jauh kata Yes, untuk mewujudkan itu, Reformasi terus akan ia lakukan untuk menjadikan ASN adaptif dengan tuntutan pelayanan publik yang ada.

Baca Juga: 110 ASN Diambil Sumpah, Bupati Pesan Agar Pelayanan Publik Harus Berkualitas

"Apapun yang telah kita lakukan, yang telah kita kerjakan, ini semuanya adalah untuk membawa Pemerintah Kabupaten Lamongan menuju kejayaan," ungkapnya.

Bupati Yes juga mengucapkan terima kasih kepada segenap jajaran aparatur pemerintahan Kabupaten Lamongan karena telah melaksanakan dan mentaati peraturan, terutama terkait pelarangan mudik. Hal tersebut merupakan bentuk keteladanan bagi masyarakat untuk senantiasa taat terhadap protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan apa yang telah kita lakukan, termasuk patuh terhadap larangan mudik ini dapat memberikan manfaat bagi Kabupaten Lamongan, khususnya covid di Lamongan segera menurun," tambah Yes. jir

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU