Truk Dino Terguling di MERR, Jalan Macet 3 Kilometer

Petugas gabungan yang terdiri Linmas, Satpol PP, Kepolisian serta damkar mengevakuasi truk muatan buah yang terguling di Jalan Ir. Soekarno Merr, Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/2). SP/Patrik Cahyo

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Sebuah truk Dino 300 bernopol B 9714 CXR alami kecelakaan tunggal dan terguling melintang di Jalan Ir Soekarno-Hatta, Surabaya atau Jalan MERR, Kota Surabaya, Kamis (25/2/2021), sekitar pukul 11.35 WIB. Kejadian tersebut langsung direspon cepat oleh petugas Damkar, Linmas, Satpol PP dan Polsek Sukolilo dengan mengevakuasi truk terguling.  

M Zainullah,Kanit Binmas Polsek Sukolilo membenarkan adanya kecelakaan tunggal sebuah truk yang menabrak pohon di tengah jalan akibat hilang kendali faktor jalan licin. “Kronologi kejadian truk terguling tersebut melaju dari arah utara, karena habis hujan jalannya licin. Namun, ban belakang kendaraan juga sudah halus sehingga lepas kontrol akibatnya truk terguling,”ucapnya.

Kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi, lalu naik ke trotoar. Truk muatan buah menabrak pohon yang ada tengah jalan lalu terguling ke kiri menutup jalan raya. Kecelakaan ini tidak jatuh korban jiwa, truk tersebut berhasil dievakuasi oleh truk damkar selama 1 jam,”imbuhnya.

Pantauan Wartawan Surabaya Pagi, proses evakuasi truk yang terguling berlangsung membuat kondisi jalan terjadi kemacetan dengan jarak 3 kilometer hingga Galaxy Mall arah ke rungkut.

Kabid Operasional PMK Surabaya, Bambang Vistadi menjelaskan saat kejadian truk terguling tersebut awalnya melintas dari arah selatan .

“Kondisi jalanan tersebut licin karena basah akibat hujan yang turun pagi hari tadi. Hal tersebut juga bisa menjadi faktor kendaraan mengalami kecelakaan. Kalau hujan memang jalan bisa menjadi licin, nah itu yang berbahaya kalau melaju dengan kecepatan tinggi," katanya.

Lima menit kemudian, unit rescue pemadam kebakaran setempat tiba di lokasi untuk mengevakuasi truk yang terguling tersebut untuk mengembalikan mobil ke posisi semula. "Evakuasi kendaraan berlangsung selama 40 menit. Sempat terjadi kemacetan karena saat evakuasi menutup separuh jalan," lanjutnya.

Sementara itu, dalam insiden ini pengemudi bernama Fuad Azizi (42) kondisinya baik-baik saja. Hanya saja bagian depan kendaraan mengalami penyok dan kaca pecah.

Faud mengaku kejadian tersebut tiba – tiba selip ke kanan jalan saat mengendarai truk bermuatan buah tersebut sehingga terguling. “Tadi habis kirim buah pisang dari Galaxy Mall, lanjut mau balik ke Gudang di Wonoayu, tiba – tiba kendaraan selip akhirnya menabrak pohon. Saat selip langsung hilang kendali dan terguling menutup jalan raya. Untung tidak terjadi apa – apa hanya kerusakan bagian depan truk,”pungkasnya. Pat