Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme Generasi Muda, Melalui Pakaian Adat

Fashion show dengan memakai busana tari bali saat peringatan Hari Lahir Pancasila di Marvel City Surabaya, Jawa Timur, Selasa (1/6). SP/Patrik Cahyo

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Peringatan Hari Kelahiran Pancasila yang selalu dimaknai dengan semangat Cinta Tanah Air ini, terus dikobarkan oleh Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Kota Surabaya di Marvel City Surabaya, Jawa Timur, Selasa (1/6/2021). Kegiatan ini mengajak generasi muda untuk menumbuhkan jiwa Nasionalisme dan persatuan kesatuan generasi muda.

Acara tersebut merupakan wujud rasa cinta terhadap Indonesia sebagai penerus pembangunan serta mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia di masa mendatang. Ajang ini menjadi upaya dalam menanamkan nilai - nilai kesadaran bela negara kepada generasi muda.

'Aku Indonesia Aku Pancasila' merupakan kegiatan yang digagas oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2018.

Sebanyak tiga kategori perlombaan ini, dikhususkan untuk anak-anak usia 4 tahun hingga 8 tahun.

Mulai dari lomba menggambar dengan tema Pancasila, menyanyi dengan kostum profesi, dan fashion show dengan pakaian adat yang ada di Indonesia.

Ketua Pelaksana 'Aku Indonesia Aku Pancasila', Wiwin Eko Saputro mengaku, gelaran acara ini adalah memanfaatkan momentum Hari Kelahiran Pancasila.

Dengan total sebanyak 50 anak-anak, mengikuti berbagai kegiatan lomba yang siang tadi.

"Tujuannya sebagai wujud cinta tanah air dan mengembangkan potensi dari generasi muda selanjutnya," ucap Wiwin, mahasiswa Fikom angkatan 2018.

Disisi lain, Wiwin mengaku ini kembali menciptakan kembali suasana perayaan-perayaan hari besar, khususnya melibatkan anak-anak dengan menjaga protokol kesehatan yang ketat.

"Di masa new normal yang sudah berjalan ini, kami ingin membangkitkan semangat anak-anak yang belum bisa menyalurkan bakat dan potensi mereka akibat pandemi Covid - 12," terangnya.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Surabaya Pagi dijelaskan, para peserta mengikuti serangkaian kegiatan lomba mewarnai, lomba menyanyi dan lomba fashion show. Mereka menampilkan karya terbaiknya.

Selain itu, peringatan Hari Kelahiran Pancasila dengan memberi edukasi kepada anak-anak jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Dasar. Pat