Vaksinasi Covid-19 Aman Dilakukan Saat Puasa

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 13 Apr 2021 13:58 WIB

Vaksinasi Covid-19 Aman Dilakukan Saat Puasa

i

Warga saat divaksinasi Covid-19. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan tetap melangsungkan vaksinasi Covid-19 saat orang-orang tengah puasa di Bulan Ramadhan. Vaksinasi Covid-19 di Program vaksin ini rencananya bakal tetap berjalan hingga beberapa bulan ke depan hingga April mendatang.

Sementraa itu, Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi menegaskan vaksinasi akan tetap dilanjutkan selama bulan puasa. Kegiatan ini terus dilakukan dan akan tetap memperhatikan kondisi umat islam yang menjalankan puasa.

Baca Juga: Ratusan Anggota DPC PERADI Sidoarjo Antusias Ikuti Gelar Bakti Kesehatan Vaksinasi Covid-19

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid menjelaskan, proses vaksinasi dilakukan pada siang hari saat umat muslim menjalankan ibadah puasa dan dapat juga dilakukan di malam hari selama tidak mengganggu ibadah malam pada bulan Ramadhan

“Untuk pelaksanaan vaksinasi di malam hari kami mendorong koordinasi yang dilakukan oleh para pengurus masjid bersama Puskesmas melalui RT/RW, Lurah setempat untuk menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan setelah pelaksanaan ibadah puasa di siang hari,” ucap dr. Nadia.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 menyebutkan vaksinasi tidak membatalkan puasa, dan boleh dilakukan pada umat Islam yang sedang berpuasa.

Baca Juga: Vaksin Booster Covid-19 Kedua Harus Bayar Rp100 Ribu

Dr Caesar Givani, Founder & CEO at ceklab.id mengungkapkan, dari sisi medis, vaksinasi aman dilakukan saat puasa. Ia juga yakin bahwa pemberian vaksin Covid-19 saat berpuasa juga tidak akan berpengaruh pada kondisi tubuh saat puasa selama dalam kondisi fit.

"Cuma memang kadang muncul efek samping pasca vaksin seperti meriang, dan lain-lain. Hal itu normal muncul baik saat puasa ataupun tidak," kata dr Caesar.

Baca Juga: Jatim Berikan Vaksinasi Booster Kedua Secara Gratis

Setelah selesai divaksinasi saat puasa dan tubuh terasa lemas, sebaiknya langsung beristirahat dan tidak melakukan aktivitas berat, hal tersebut karena rasa lemas saat berpuasa karena penurunan kadar glukosa dalam darah tidak menjadi kontraindikasi pemberian vaksin Covid-19. Disarankan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang ketika sahur dan berbuka puasa.

"Kondisi badan lemas ketika berpuasa biasanya disebabkan oleh penurunan kadar glukosa saat pagi hingga siang hari, di mana setelah itu tubuh akan berproses untuk mencukupkan kadar glukosa dalam darah dengan mengambil glukosa cadangan dalam tubuh. Hal ini sama sekali tidak berdampak pada pasca penyuntikan vaksin Covid-19," papar dr Rachmat. Dsy14

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU