Vaksinasi Covid-19 di Trenggalek Berhadiah Kambing dan Ayam

Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin memberikan hadiah kambing kepada warga yang mendapat undian setelah divaksin covid-19 di Pasar Pon.

SURABAYAPAGI.COM, Trenggalek - Vaksinasi covid-19 massal dilakukan di sejumlah daerah seiring meningkatnya kasus covid-19 di Indonesia. Salah satunya di Trenggalek, Kamis (24/6). Dalam rangka menarik minat masyarakat untuk mau divaksin covid-19, disediakan hadiah undian 35 ekor kambing 80 ekor ayam.

Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera mengatakan, vaksin yang dipakai dalam vaksinasi itu berasal dari bantuan Kapolda Jatim. Total jumlah vaksin yang dikirim untuk dipakai di Trenggalek sebanyak 10 ribu dosis.

“Untuk hari ini dipakai 1.500 dosis. Pelaksanaan vaksinasi ada di tiga tempat, yakni di Pasar Pon, Pasar Bendo, dan Prigi,” kata Dwiasi, saat meninjau proses vaksinasi.

Pantauan di Pasar Pon, masyarakat terlihat antusias mengikuti vaksinasi itu. Vaksinasi digelar dengan sistem drive thru untuk meminimalisir kerumunan.

Lokasi vaksinasi di pasar itu dibagi menjadi dua, yakni vaksinasi untuk pengguna sepeda motor dan mobil.

Dengan sistem itu, vaksinasi yang terlaksana berjalan cukup cepat.

Setelah menerima suntikan vaksin, warga yang ikut dalam kegiatan itu diarahkan menuju tempat pengambilan undian.

Mereka yang beruntung bisa membawa pulang kambing atau ayam.

Dwiasi mengatakan, vaksinasi massal bakal berjalan dalam tiga hari. Yakni pada Sabtu (26/6/2021) dan Senin (28/6/2021).

Agar vaksinasi tak menjadi pusat kerumunan, prosesnya dibagi dalam beberapa tahap. Sebelum ini, para Bhabinkamtibmas telah mendata warga yang akan mengikuti vaksinasi di desa tempat mereka bertugas.

Kedatangan warga ke lokasi vaksin itu dikoordinir oleh tiap petugas.

Sementara itu, Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin menjelaskan, vaksinasi massal itu juag untuk mendukung target pemerintah pusat 1 juta dosis vaksin per hari.

“Presiden menugaskan bukan hanya pemerintah daerah, tapi juga polri dan TNI. Dalam kegiatan kali ini, Pak Kapolda memberi 10 ribu dosis vaksin yang akan disuntikkan untuk tiga hari dengan sistem drive thru,” kata pria yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Hadiah kambing dan ayam, kata dia, disiapkan sebagai bentuk terima kasih pemerintah kepada warga yang ikut menyukseskan program vaksinasi.

“Juga agar masyarakat juga tertarik untuk mengikuti vaksinasi. Kami memberikan oleh-oleh yang diundi dalam bentuk kambing dan vaksin,” ungkap dia.

Harapan lainnya, kambing dan ayam bisa bermanfaat untuk warga sebagai stimulus pemulihan ekonomi dampak pandemi covid-19.