Wagub Emil Datang Sendirian di Resepsi Pernikahan UAS

Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak menghadiri resepsi di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. SP/Istimewa

 

Digelar di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo

 

SURABAYAPAGI.COM, Ponorogo- Ustaz Abdul Somad (UAS) melangsungkan perayaan pernikahan dengan Fatimah Az Zahra, Kamis (20/5/2021) siang pukul 14.00 WIB. Para undangan diharuskan membawa hasil tes swab.

Acara resepsi berlangsung di kampus UNIDA Pondok Modern Darussalam, Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Selain keluarga dan rekan terdekat, kedua mempelai turut mengundang tokoh-tokoh ternama lainnya. Diketahui, akad nikah UAS dan Fatimah Az Zahra telah dilaksanakan di Jombang, Jawa Timur, Rabu (28/4/2021) yang lalu.

Acara yang diadakan secara tertutup tersebut mengambil tempat di rumah keluarga sang mempelai wanita. Kali ini, UAS menggelar resepsi pernikahan yang juga akan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Pasalnya, pendakwah tersebut mengundang tokoh-tokoh penting yang harus dijamin keselamatannya. Seperti misalnya, Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Sang Gubernur mengenakan baju batik berwarna coklat dengan peci hitam di kepala.

Dari unggahan Daswir, yang mengaku sahabat UAS, tampak Anies berpose dengan UAS dan istrinya.

Mereka berdiri di lokasi pernikahan yang masih tampak sepi dari tamu undangan. Pada kolom keterangan, Daswir mendoakan kelancaran acara gurunya tersebut. "Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu maa syaa Allah tabarakallah Semoga acara tuan guru uas lancar Aamiin ya rabbal alamin," tulisnya dikutip dari akun Instagram @daswir.daswir.526, Kamis (20/5/2021),

Selain Anies Baswedan, UAS juga mengundang Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Sedangkan, ulama-ulama terkenal seperti Uztas Das'ad Latief dan pengurus Dewan Masjid Indonesia juga akan hadir. "Ustaz Das'ad Latief insya Allah akan hadir bersama dengan Waketum Dewan Masjid Indonesia, H. Syafrudin," kata Panitia Resepsi Pernikahan UAS yang enggan disebutkan namanya. "Beliau akan memberikan tahniah kepada Ustaz Abdul Somad."

Tak hanya itu, belasan artis yang aktif dalam komunitas hijrah juga dijadwalkan hadir dalam acara tersebut. Selain itu, tamu yang diundang para Kiai Sepuh Jawa Timur dan juga wakil Gubernur Jatim Emil Dardak.

 

Arab Wedding

Resepsi kemarin menggunakan konsep serba Arab (Arabian Wedding). Konsep Arabian Wedding mulai terasa di area masuk resepsi. Acara resepsi dihibur Artis Abdullah bin Ta'lab atau Ta'lab Grup Situbondo dengan lagu-lagu khas Arab Timur Tengah.

Lagu-lagu Arab diperdengarkan mulai iringan pengantin naik ke pelaminan dengan lagu Baarakallah. Setelah itu selama acara berlangsung, tamu undangan dihibur dengan lagu-lagu khas Arab di sela-sela acara formal atau di sela acara sambutan-sambutan dan pembacaan doa.

Selain hiburan, konsumsi yang akan disajikan juga menggunakan konsep Arabian Food. Khusus untuk rias pengantin menggunakan jasa Fay Wedding dari Malang, Jawa Timur.

 

Tamu Wajib Rapid

Resepsi pernikahan UAS dengan Fatimah ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. "Panitia menetapkan prokes sangat ketat. Ada tiga lapis pengamanan yang harus dilewati oleh tamu undangan," kata Satgas Covid-19 PMDG, Bahar Harahap.

Menurut Bahar, satgas PMDG dan panitia tidak akan mentolerir setiap tamu yang akan hadir di acara resepsi bila tidak patuh protokol kesehatan. "Siapapun yang hadir akan dicek bawa undangan atau tidak. Kemudian harus bawa surat tugas bagi para pengawal dan wajib menunjukkan surat hasil rapid minimal antigen," ujar Bahar.

Bahar melanjutkan, bila tak membawa hasil rapid, undangan akan dilakukan rapid dulu di pintu gerbang UNIDA untuk kemudian mendapat ijin masuk atau ditolak.

"Bila hasil rapid testnya reaktif, maka akan langsung disuruh putar balik dan tidak diperkenankan mengikuti acara resepsi pernikahan," ujar Bahar.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak tampak hadir di resepsi pernikahan Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Fatimah Az Zahra. Emil hadir tanpa didampingi istrinya, Arumi Bachsin.

Memakai kopiah hitam dan kemeja batik.

Selain Wagub Emil juga ada Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko bersama Wakilnya Lisdyarita. Resepsi pernikahan digelar tertutup dan dijaga polisi-TNI. n prg/gi/cr2/rmc