Wali Kota Eri akan Bangun Kerjasama dengan Klub Sepakbola Inggris

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi

SURABAYA PAGI, Surabaya - Pemerintah kota Surabaya, akan mendukung pembinaan usia muda bagi atlet asal Surabaya. Harapannya, akan ada banyak pemain asal Surabaya yang bisa membela Persebaya maupun Timnas Indonesia ke depan.

Di antaranya, dengan menggelar Diklat Sekolah Sepakbola hingga menyiapkan kerjasama sister city dengan kota di Inggris untuk pengembangan atlet. Termasuk, menyiapkan berbagai kompetisi kelompok umur.

"Sebelumnya, kami telah menggelar Piala Wali Kota cabang olahraga Voli untuk kelompok usia remaja. Dalam waktu dekat, bisa saja kita gelar even Piala Wali Kota untuk cabang olahraga sepakbola," kata Eri Cahyadi, fans Manchester United ini, Minggu (3/4/2022).

Tahun 2021, Persebaya Surabaya harus puas mengakhiri BRI Liga 1 2021 dengan menempati papan klasemen posisi kelima.

Klub berjuluk Bajul Ijo terakhir kali bertanding pada pekan penutup 34 BRI Liga 1 2021 meraih kekalahan 1-2 dari musuhnya Borneo FC di Stadion I Gusti Ngurah Rai. Hasil kekalahan di atas sekaligus memutus 10 laga unbeaten Bajul Ijo sebelumnya yang mendapatkan 5 kemenangan dan imbang.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi optimistis capaian Bajul Ijo yang finish di peringkat kelima Liga 1 musim 2021. Eri optimistis prestasi Persebaya masih bisa ditingkatkan tahun depan.

Cak Eri juga mendoakan tim berjuluk Bajul Ijo bisa meraih juara di musim berikutnya.

"Ketika tahun ini Persebaya berada di peringkat kelima, tetap harus berjuang. Saya yakin dengan semangat bersama, Persebaya bisa menjadi juara di musim berikutnya," kata Cak Eri, Minggu (3/4/2022).

Sebagai Bonek, Cak Eri menyuntikkan semangat untuk Persebaya bisa juara di musim depan. "Perjuangan tidak boleh berhenti. Perjuangan harus terus hidup," kata pria kelahiran Surabaya 44 tahun lalu tersebut.

Melihat permainan Persebaya di musim terakhir, Cak Eri menyebut sejumlah bekal Persebaya untuk bisa lebih baik di musim berikutnya. Di antaranya, adanya sejumlah pemain muda yang sukses menjadi pilar penting di tim ini.

Misalnya, Marselino Ferdinan yang merupakan pemain muda binaan tim internal Persebaya. Pemain yang baru berusia 17 tahun itu sukses terpilih sebagai pemain muda terbaik di kompetisi BRI Liga 1 2021.

"Marcelino ini masih sangat muda namun sudah sukses menembus timnas. Saya berharap talenta terus dijaga. Semoga terus berjuang untuk kota Surabaya lewat Persebaya," katanya.