BPBD Semprot Disinfektan Ponpes Al-Falah Ploso Kediri

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan virus Corona atau COVID-19 Kabupaten Kediri melakukan upaya pencegahan melalui penyemprotan cairan disinfektan ke dalam fasilitas yang disiarkan di tempat umum dan di tempat-tempat yang dikunjungi warga. Kali ini berlangsung di Lingkungan Pondok Pesantren Al-Falah Ploso di Kecamatan Mojo.

Petugas menyasar tempat-tempat pertemuan para santri, kamar tidur, kamar mandi, pagar serta pegangan pintu. Penyemprotan cairan anti kuman penyakit ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus dengan cara memutus mata rantainya. Dalam kegiatan tersebut, petugas juga melakukan cara-cara mencuci tangan yang benar untuk para santri.

Mohammad Saifudin Zuhri, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Kediri diungkapkan, lingkungan pesantren menjadi perhatian khusus, karena menjadi tempat singgah warga dari luar daerah.

“Ini bagian dari upaya pencegahan dan antisipasi Corona. Kami melakukan penyemprotan pada fasum-fasum dan juga pesantren yang bersentuhan dengan masyarakat luar Kabupaten Kediri. Penyebabnya, virus ini sangat cepat menyebar. Meminta kita melakukan pemutusan mata rantainya, ”kata M. Siafudin Zuhri.

Sebagai pelaksanan harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, BPBD mendapatkan amanah untuk melakukan penyemprotan di fasilitas umum. Sebelumnya, BPBD telah melakukan hal yang sama di lembaga pelayanan masyarakat, pasar dan tempat-tempat ibadah.

Penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan Pemkab Kediri ini mendapatkan tanggapan positif dari pihak Ponpes Al-Falah Ploso. Pihak pesantren senang dengan langkah antisipatif serta kepedulian pemerintah daerah dalam urusan kesehatan dan keselamatan warganya.

“Hal yang harus kami lakukan adalah, interaksi dengan pihak luar dengan cara penempatan terhadap tamu. Saat ini kami tidak mengizinkan tamu juga wali santri. Pengiriman uang kepada santri dilakukan melalui transfer, ”kata Bustamin Imron, pengurus Pondok Pesantren Al Falah Putri. Adv/kominfo