Jelang Pilkada Blitar, Polres Blitar Tingkatkan Pengamanan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 01 Sep 2020 16:26 WIB

Jelang Pilkada Blitar, Polres Blitar Tingkatkan Pengamanan

i

Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya S.IK saat melakukan pemeriksaan sarana ranmor baik roda 2 maupun roda 4 di halaman Mapolres Blitar, Selasa (1/9). SP/Les

 

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Blitar yang semakin dekat, Polres Blitar meningkatkan persiapan pengamanannya.

Baca Juga: Kandang Ayam Ludes Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah

Untuk itulah Polres Blitar menggelar Operasi Mantap Praja yang dipimpin langsung Kapolres Blitar AKBP Ahmad Fanani Eko Prasetya S.IK pada Selasa (1/9) di halaman Mapolres Blitar.

Dalam Operasi Mantap Praja itu Kapolres melakukan pemeriksaan sarana ranmor baik roda 2 maupun roda 4 termasuk semua senpi yang dipegang anggota seluruh Polsek sampai anggota Polres Blitar.

AKBP Ahmad Fanani dalam sambutanya sebelum melakukan pemeriksaan,  pamen Polisi asal Jombang ini menghimbau pada seluruh anggotanya baik yang ada di polsek polsek maupun di unit unit Polres Blitar, agar merawat seluruh inventaris yang ada, bukan kendaraan saja tapi juga senpi yang dipegang anggota, termasuk  peralatan dinas lainya seperti Pesawat  Komunikasi dan HT.

"Rawatlah aku, jangan abaikan aku, karena aku adalah pendukung dalam tugasmu, hari ini kita akan cek seluruh inventaris yang kalian pegang, untuk kelancaran tugas kalian, apalagi jelang Pilkada," tegas Kapolres AKBP Ahmad Fanani.

Dalam pemeriksaan kendaraan roda 4 (Big Boon) sebanyak 25 Mobil, Kapolres yang didampingi Wakapolres Kompol Himawan, Kabag Sumda menemukan 4 Kendaraan Bigbon yang mesinya berdebu, dengan teguran yang penuh kebapakan Kapolres menegur Kapolseknya dan anggotanya atas temuan itu.

"Lhaa ini.. bedak kok di simpan di dalam mesin, itu dibersihkan supaya tampak bersih dan rapi, masak mau memakai gak mau merawat, seperti kalian hanya memberi makan keluarga tapi tidak mau merawatnya," tegur Kapolres.

Selain memeriksa 25 Mobil tak ketinggalan Kapolres juga memeriksa kendaraan roda dua yang berjumlah hampir ratusan motor, yang berjajar rapi, lalu  dilanjutkan pemeriksaan senjata api pendek maupun senjata api panjang.

Baca Juga: 2 Rumah di Blitar Dibobol Maling saat Ditinggal Mudik, Pelaku Terekam CCTV

Dalam pemeriksaan senpi Kapolres yang dibantu Kabag Sumda Wakapolres Blitar, Kanit Propam dan Unit Sarpras (Sarana dan Prasarana ) pemeriksaanya lebih teliti termasuk kebersihan dan kelayakan senpi yang dipegang tidak luput Surat Ijin Pemegang Senpi (SIPS) masih berlaku atau tidak.

Menurut AKBP Ahmad Fanani kepada wartawan pemeriksaan secara fisik senpi ini salah satu upaya mencegah pelanggaran disiplin, selain perawatan senpi sehingga tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan saat menggunakan senpi.

Kapolres Blitar yang dikenal pendakwah ini juga  mengharapkan agar seluruh anggotanya tidak menyalahgunakan senpi yang dipercayakan untuk kepentingan di luar kedinasan.

Baca Juga: Berkat Dukungan TN-Polri, Pelayanan di Daop 7 Aman dan Terkendali

"Jangan sampai ada hal hal yang tidak kita inginkan dengan penggunaan senpi, karena itu semua untuk kepentingan masyarakat, rekan rekan tau kan, Polri sebagai Pengayom, Pelayan dan Pelindung Masyarakat," terang AKBP Ahmad Fanani. 

Menyinggung keamanan jelang Pilkada di Kabupaten Blitar, AKBP Ahmad Fanani menegaskan pihaknya akan Full Time untuk pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakilnya, sejak tahapan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

"Untuk pengamanan jalannya Pemilihan Bupati kita sudah Koordinasi dengan TNI, persiapan persiapan sudah kita lakukan jauh jauh sebelumnya bersama TNI apa lagi semakin dekatnya pelaksanaan Pemilihan, kita tingkatkan kewaspadaan keamanan sehingga situasi kondusif sebelum dan sèsudahnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati,"  pungkas AKBP Ahmad Fanani. Les

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU