Nusapoltica Rilis Survey Pilkada Kabupaten Mojokerto

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 01 Des 2020 08:17 WIB

Nusapoltica Rilis Survey Pilkada Kabupaten Mojokerto

i

Hasil survei Nusapolitica terkait Pilkada Kabupaten Mojokerto 2020. SP/ Agus Dwy S

SURABAYAPAGI.com, Mojokerto – Peta kontestasi Pilkada Kabupaten Mojokerto 2020 secara aktual perlihatkan posisi semakin mengerucut dan kompetitif, antara pasangan Nomor Urut 1, Ikfina Fahmawati – Muhammad Albarraa dan pasangan Nomor Urut 3, Pungkasiadi – Titik Masudah, Selasa 01/12/2020.

Survei melibatkan 600 responden tersebar pada seluruh 18 kecamatan di Mojokerto secara proporsional menarik responden dengan multistage random sampling. Sehingga, Margin of Error di sekitar 4,1 persen.

Baca Juga: Petani Kabupaten Mojokerto Berpotensi Alami Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Direktur Eksekutif Nusapolitica, Teguh Atmodjo menjelaskan bahwa pada survei ini dilakukan melalui proses simulasi surat suara (specimen), responden diminta untuk melakukan simulasi pencoblosan surat suara. 

“Hal ini bertujuan untuk melihat preferensi pemilih terhadap ketiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mojokerto 2020,” ujarnya.

Baca Juga: Hadiri Pelantikan DPC GMNI Mojokerto, Bupati Harap Dapat Wujudkan Kemajuan dan Kejayaan Mojokerto

Berdasarkan hasil simulasi dalam survei Pilkada Kabupaten Mojokerto ini, ditemukan bahwa, pasangan Pungkasiadi – Titik Masudah meraih nilai elektoral 30,8 persen. Sedangkan pasangan Ikfina Fahmawati – Muhammad Albarra mendapat nilai elektoral sebesar 29,2 persen. Sedangkan untuk pasangan nomor urut 2, Yoko Priyono – Choirun Nisa meraih 11,5 persen. Sebanyak 28,5 persen responden tak memberikan jawaban pada simulasi pencoblosan surat suara specimen yang dilakukan. 

Nusapolitica tidak hanya melakukan simulasi pencoblosan surat suara, melainkan ada juga pertanyaan yang langsung ditanyakan kepada responden. Secara terbuka, hasilnya tidak begitu berbeda dengan hasil simulasi surat suara, di mana pasangan Nomor Urut 1 Ikfina Fahmawati – Muhammad Albarra memperoleh elektabilitas sebesar 17,4 persen dan pasangan Nomor Urut 2, Yoko Prioyono – Choirun Nisa memperoleh elektabilitas sebesar 5 persen dan pasangan Nomor Urut 3, Pungkasiadi – Titik Masudah meraih elektabilitas sebesar 20,4 persen. 

Baca Juga: Bupati Ikfina Harap Pelayanan Kesehatan Di Bumi Majapahit Terus Meningkat

Hal ini sesuai dengan preferensi masyarakat yang telah memiliki pilihan politik pada hari ini, di mana sebesar 44,6 persen masyarakat menyatakan telah memiliki pilihan calon pada Pilkada Kabupaten Mojokerto yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020. dwy

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU