Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Unggul di TPS Eri Cahyadi Mencoblos

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 14 Feb 2024 19:17 WIB

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Unggul di TPS Eri Cahyadi Mencoblos

i

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mencoblos TPS 35, Kecamatan Jambangan, Rabu (14/2). SP/ALQ

SURABAYAPAGI, Surabaya - Proses perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 35, Karah, Jambangan, Surabaya, untuk pemilihan presiden selesai.

Di tempat Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ini mencoblos, pasangan calon nomor urut 1 Anies-Muhaimin unggul jauh dibanding dengan calon lainnnya.

Baca Juga: Wacana Cak Imin Dipilgubkan Jatim, Belum Diseriusi PKB

Rinciannya, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memimpin dengan perolehan suara mencapai 121 suara. Kemudian, pasangan nomor urut 2, Prabowo-Gibran mengikuti dengan 62 suara dan diikuti dengan pasangan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud MD dengan 24 suara, serta surat suara tak sah dinyatakan tak ada. 

Dari total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS tersebut yang mencapai 230 pemilih serta 5 pemilih tambahan (DPTb), sebanyak 207 pemilih dinyatakan hadir untuk memberikan suara. Sedangkan untuk jumlah surat suara tidak sah dinyatakan tak ada. 

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah memberikan suara pada Pemilu 2024, Rabu (14/2). Wali Kota Eri datang mencoblos di TPS 35, Kelurahan Karah, Kecamatan Jambangan Surabaya. 

Wali Kota Eri datang bersama dengan sang istri yang juga Ketua TP PKK Kota Surabaya, Rini Indriani dan sang putri sulung Alfanana Puteri. Mereka datang sekitar pukul 08.30 WIB.

Baca Juga: Surya Paloh, Bersikap di NasDem Tower, Anies di Markas Timnas AMIN

Mereka datang dengan mengenakan atasan seragam serasi berwarna hitam. Sekilas, kemeja yang dikenakan politisi PDI Perjuangan ini mirip dengan yang dikenakan Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Menurut Wali Kota, ada makna filosofis tersendiri dalam pemilihan warma tersebut. "Karena baju hitam ini adalah warna kebanggaan saya," kata Wali Kota Eri ditemui seusai acara. 

"Saya paling suka dua warna. Selain warna hitam, ada warna putih. Kalau kerja, saya pakai baju putih. Kalau pergi, saya pakai baju hitam. Apa ya, kalau hitam itu tambah ganteng," kata Wali Kota Eri berseloroh.

Baca Juga: AMIN, Resmi Daftarkan Gugatan Sengketa Pilpres 2024 ke MK, Kamis Tadi

Wali Kota juga mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama menyukseskan pemilu. Pihaknya optimis partisipasi masyarakat akan meningkat dari pemilu sebelumnya.

Menurutnya, antusias masyarakat terlihat ramai mengikuti pemilu tahun ini. "Insyaallah kita semua menargetkan minimal partisipasi pemilih di Kota Surabaya minimal 85 persen,” tegasnya.alq/sb/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU