4 Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia Terkonfirmasi Positif

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 03 Mei 2021 12:10 WIB

4 Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia Terkonfirmasi Positif

i

 Petugas RSLI bersama PMI yang berasal dari Malaysia. Doc. RSLI

SURABAYAPAGI,Surabaya - Setelah dilakukan pemeriksaan tes swab PCR terhadap 907 Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari 1.500 pekerja yang telah masuk ke Surabaya, ditemukan 4 orang PMI terkonfirmasi positif.

Empat orang PMI ini merupakan pekerja yang berasal dari Malaysia. Sebelum berangkat dari Malaysia, ke-4 orang ini telah melakukan swab dengan hasil negatif. Namun setelah kedatangan di Surabaya dan ditampung di Asrama Haji, serta dilakukan tes swab PCR ternyata terkonfirmasi positif.

Baca Juga: Gelar Kompetisi Meracik Kopi, NESC Tingkatkan Ketrampilan Barista Surabaya

"Setelah di swab PCR mereka positif. Jadi saat ini sudah di rawat di Rumah Sakit Lapangan Indrapura," kata ketua relawan pendamping Pelaksana Program Pendampingan Keluarga Pasien Covid-19 Rumah Sakit Lapangan Indrapura (PPKPC-RSLI) Radian Jadid melalui saluran telepon, Senin (03/05/2021).

Lebih lanjut Jadid menjelaskan, dari 4 orang tersebut 3 diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan satunya berjenis kelamin perempuan.

Satu orang laki-laki terkonfirmasi positif pada 1 Mei 2021. Sementara 3 orang lainnya terkonfirmasi pada keesokan harinya. Kini ke-4 orang tersebut tengah dirawat di RSLI.

"Yang terkonfirmasi hari Jumat, 1 Mei sudah dikirim ke RSLI pukul 13.30 WIB. Selanjutnya tiga orang PMI terdiri dari 2 laki-laki dan 1 perempuan terkonfirmasi positif pada Sabtu 2 Mei dan dikirim ke RSLI pukul 24.00 WIB," terangnya

Saat ditanyakan lebih lanjut apakah ke-4 orang tersebut berpotensi membawa varian virus baru, Jadid tidak ingin berspekulasi lebih jauh. Pihaknya kini tengah mengupayakan pengambilan sampel dari PMI yang positif untuk diteliti lebih jauh lagi.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Berolahraga dan Bersenang-senang, AKG Entertainment Gelar Pokemon Run 2024 di Surabaya

"Untuk mereka yang masuk RSLI akan diambil sampel ulang dan akan dikirim (sampelnya) ke Litbangkes Jakarta untuk penelitian lebih lanjut," katanya

Kendati begitu, guna mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, pihaknya menyediakan ruangan isolasi khusus bagi ke-4 orang PMI tersebut. 

Penyediaan ruangan khusus tersebut bertujuan untuk mengurangi potensi penyebaran virus covid-19 yang telah bermutasi. Karena ada indikasi, para pekerja migran ini sangat berpotensi membawa varian baru virus covid-19.

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

Di tahap awal pihak RSLI telah menyiapkan tiga ruangan khusus untuk PMI yang lokasinya terisolir yakni ruangan Uranus A, Uranus B dan Neptunus.

"Penanganan pasien kiriman dari PMI ini telah menjadi perhatian serius RSLI, ditangani dengan komprehensif serta dilakukan observasi dan tindakan lebih lanjut termasuk untuk penelitian lanjutan," pungkasnya.

Sebagai informasi, jumlah PMI yang telah masuk ke Surabaya hingga saat ini telah mencapai 1.500 orang yang berasal dari Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura. Dari total PMI yang telah masuk ini, 907 diantaranya telah melewati pemeriksaan tes swab PCR. Dari data yang terkumpul, kedatangan PMI tahun ini diperkirakan mencapai 14 ribu orang. sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU