AH Thony Minta Rekrutmen OS Berkala

Wakil Ketua DPRD AH Thony.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Belasan ribu warga Surabaya saat ini tertolong dengan sistem rekrutmen OS di lingkungan Pemkot Surabaya. Mereka kebanyakan adalah warga MBR atau masyarakat berpenghasilan rendah. 

Selain ada yang menjalankan misi sosial atau Charity, namun tidak sedikit yang memanfaatkan kendaraaan OS karena kebutuhan. Dilakukan rekrutmen terbuka dengan diisi para profesional warga asli Surabaya. 

"Rekrutmen OS oleh Pemkot Surabaya patut diapresiasi. Inilah upaya taktis memutus mata rantai MBR. Namun tidak boleh selamanya. Harus ada rekrutmen OS berkala," kata Wakil Ketua DPRD AH Thony. 

Sebab warga MBR akan terus bertambah. Begitu juga angka pengangguran juga tinggi. Tidak makin berkurang tapi pengangguran akan makin bertambah. Mereka juga perlu diberlakukan secara berkeadilan. Juga mendapat kesempatan yang sama. 

Di luar OS yang saat ini ada di lingkungan Pemkot, sebaiknya terus dibekali untuk kemandirian usaha. Mereka bisa menjadi pelaku usaha yang tidak menggantungkan OS. Thony lebih memilih pola rekrutmen berkala dengan memberi kesempatan yang lain. 

Sebab di belakang belasan ribu OS saat ini masih menunggu warga yang lain untuk mendapat misi Sosial yang sama menjadi OS. Untuk itu perlu penataan, pengelolaan, dan pembinaan dengan baik. 

"Saya lebih senang membayangkan dari Surabaya akan lahir para entrepreneur-entrepreneur dari OS. Mereka siap dan mampu dengan jiwa usaha. Era digital dan marketplace menjadi kesempatan luas untuk menjalankan usaha," kata AH Thony. Alq