Anggota DPR RI Farida Kawal Pengairan Lahan Pertanian di Tuban

Farida Hidayati meninjau lokasi yang rencananya dijadikan waduk atau embung untuk pengairan lahan pertanian Selasa (11/8). SP/ BO

SURABAYAPAGI.com, Tuban - Anggota DPR RI Farida Hidayati terus mengawal pengairan untuk lahan pertanian di wilayah Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban.

Ia bersama Anggota Komisi III DPRD Tuban, Camat Senori, serta perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo langsung meninjau lokasi untuk dijadikan pusat pengairan lahan pertanian. Farida Hidayati yang kini duduk di Komisi IV meminta agar pihak BBWS Bengawan Solo memberikan izin sodetan sungai agar dibuat pengairan.

"Kami meninjau lokasi langsung yang akan dijadikan embung atau tempat penampungan. Dan semua ini dilakukan karena kami peduli pada petani," ujar Farida setelah meninjau lokasi, Selasa (11/8).

Pengadaan penampungan air sangat penting, pasalnya setiap musim kemarau petani selalu kesulitan mendapatkan air. Sehingga dengan adanya embung, petani di wilayah Kecamatan Senori dan sekitarnya akan bisa panen minimal setahun 2 kali.

"Kami bersama rombongan untuk meninjau rencana lokasi pembagian air dari Sungai Bengawan Solo untuk dialirkan ke wilayah Tuban Selatan," terang Farida Hidayati.

Menurutnya, penguatan ketahanan air sangat penting bagi petani yang hanya mengandalkan air hujan. Oleh sebab itu, keberadaan embung bisa menjadi solusi petani yang selama jumlah panennya kurang maksimal.

"Rencananya air dari Sungai Bengawan Solo akan dialirkan ke Senori menggunakan pipa. Kemudian, airnya ditampung di waduk atau embung untuk mengairi sawah saat menghadapi kemarau," ungkap Anggota DPR RI dari dapil IX Tuban-Bojonegoro itu.

Terkait rencana tersebut, Farida pun meminta agar pihak BBWS Bengawan Solo menyetujui dan mendukung penuh. Harapannya, agar petani di wilayah Tuban selatan dapat menggunakan air disaat musim kemarau.  Dsy3