Antisipasi Longsor, Jalur Pacet-Trawas Ditutup saat Hujan Lebat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 24 Feb 2023 17:02 WIB

Antisipasi Longsor, Jalur Pacet-Trawas Ditutup saat Hujan Lebat

i

Kepala DPRKP2 Kabupaten Mojokerto, Rachmat Suharyono melakukan assesment ruas jalan terdampak longsor di jalan Pacet-Trawas, Kamis (23/2/2023).

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Petugas Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Perhubungan (DPRKP2) melakukan assesment ruas jalan terdampak bencana tanah longsor di jalur Pacet-Trawas.

Rencananya jalur Pacet-Trawas akan ditutup sementara jika terjadi cuaca ekstrem hujan lebat untuk keselamatan masyarakat terutama pengguna jalan.

Baca Juga: Gagal Curi Motor, Dua Pemuda di Kota Mojokerto Diringkus Warga saat Sembunyi dari Kejaran Polisi

Kabid LLAJ DPRKP2 Kabupaten Mojokerto, Setyo budi mengungkapkan ruas jalan Pacet-Trawas bakal ditutup sementara jika terjadi hujan lebat di kawasan tersebut.

"Ini dikhawatirkan jika terjadi hujan intensitas tinggi maka harus dibuka tutup (Pacet-Trawas) tentatif jadi harus ditutup kalau jalannya sudah tergerus," jelasnya saat dikonfirmasi melalui seluler, Kamis (23/2).

Setyo mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan DPUPR Kabupaten Mojokerto terkait penanganan plengsengan/ dinding jalan yang rusak diterjang longsor.

"Kalau tidak ada plengsengan jalannya tergerus sehingga merusak sarana pengaman jalan sehingga kita menunggu itu diperbaiki baru kita pasang lagi Guardrail-nya," ungkapnya.

Baca Juga: Ratusan WBP Lapas Mojokerto Terima Remisi Khusus Idul Fitri

Dampak tanah longsor juga merusak sarana ruas jalan Guardrail tepatnya di Jurang Gembolo jalur Pacet-Trawas.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Sarpras DPRKP2 Kabupaten Mojokerto, Suroso mengungkapkan pihaknya terpaksa melepas pengaman jalan Guardrail di Jurang Gembolo itu untuk mengantisipasi kerusakan parah akibat tanah longsor.

"Kita ambil dulu Guardrail karena penyangga kena longsor kita menunggu  perbaikan dari PU terkait akses dan sarana jalan kalau sudah normal baru kita pasang lagi," terangnya.

Baca Juga: Dorong Daya Beli Masyarakat, Kejaksaan dan Pemkot Mojokerto Sinergi Gelar Bazar Sembako Murah

Petugas telah memasang line pembatas jalan sebagai tanda di jalan terdampak longsor. Kondisinya membahayakan pengendara kendaraan lantaran jalan ambles akibat longsor berada persis di kelokan Jurang Gembolo.

"Solusi saya kan kalau itu Guardrail dilepas ada line barikade pengaman pembatas ruas jalan rusak," pungkasnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU