Bupati Irsyad Yusuf Lantik 54 Kades Terpilih Periode 2022-2028

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Sebanyak 54 Kepala Desa Terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Pasuruan Periode 2022-2028, akhirnya dilantik.

Pelantikan tersebut digelar di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti pada Kamis (12/05/2022) pagi dan dipimpin langsung oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf (Gus Irsyad). 

Sedangkan undangan yang hadir diantaranya Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron (Gus Mujib); Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan, Nya Lulis Irsyad Yusuf dan Wakil Ketua, Ny Nanik Asnawati; Kapolres Pasuruan, Ketua DPRD, Kejari dan undangan lainnya.

Dari 54 kades yang dilantik didominasi kaum laki-laki, yakni 53 orang dan hanya ada 1 kades perempuan terpilih, yakni Arimi yang dilantik sebagai Kepala Desa Lebakrejo, Kecamatan Purwodadi.

Dalam sambutannya, Gus Irsyad mengucapkan selamat atas terpilihnya 54 Kades terpilih di Kabupaten Pasuruan. Ia meminta agar kades terpilih bisa menjadi pemimpin yang kreatif dan inovatif. Utamanya mampu membaca peluang dan potensi desanya. Sehingga muaranya mampu mensejahterakan masyarakat dan membangun perekonomian desa yang dipimpinnya.

"Saya ucapkan selamat untuk Pak Kades dan Bu Kades yang baru saja dilantik. Jadi pemimpin di zaman seperti sekarang ini harus kreatif dan inovatif. Mampu membaca peluang dan potensi keunggulan di desanya masing-masing. Yang ujungnya adalah demi kesejahteraan masyarakat itu sendiri," katanya.

Perihal roda pemerintahan di desa,  Gus Irsyad meminta agar semua Kades agar bekerja secara jujur, bertanggung jawab dan amanah dalam mematuhi semua aturan Perundang-undangan dalam memutuskan sebuah kebijakan hingga manajemen keuangan pemdes masing-masing.

"Ketaatan pada Peraturan perundang-undangan adalah sebuah kewajiban. Terutama dalam mengelola anggaran pemerintah yang berasal dari pusat atau APBD. Kuncinya satu, manajemen pemerintahan desa yang harus dilakukan secara transparan. Tidak ada yang ditutup-tutupi. Warga harus tahu APBD Desa nya. Maka dari itu kalau masih belum paham, saya minta segera konsultasikan ke camat, atau Pemerintah Daerah langsung," terangnya.

Atas keberhasilan penyelenggaraan Pilkades di Kabupaten Pasuruan, Gus Irsyad berterima kasih kepada para panitia penyelenggara, para kades hingga jajaran kepolisian, TNI, Linmas, Banser dan pihak keamanan lainnya.

Selain itu, ia juga memberikan apresiasi kepada Kejari Kabupaten Pasuruan yang telah membantu banyak kepala desa melalui program Jagogangdes (jagongan bangun desa) serta Kapolres Pasuruan dan Dandim 0819 Pasuruan melalui program cangkruk'annya.

"Terima kasih pak Kapolres, Kejari dan Dandim yang terus intens memberikan bimbingan, arahan dan support agar Pikades berjalan aman, lancar dan terkendali," tutupnya. ris