Bupati Pasuruan Minta KTNA Rajin Kembangkan Produkvitas Pertanian

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 20 Nov 2022 14:50 WIB

Bupati Pasuruan Minta KTNA Rajin Kembangkan Produkvitas Pertanian

i

Gus Irsyad dalam acara mimbar sarasehan pemerintah daerah dan petani nelayan,

SURABAYAPAGi.COM, Pasuruan - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf meminta kepada Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) agar lebih aktif dan produktif mengembangkan potensi pertanian dan perikanan di Kabupaten Pasuruan. Hal itu dapat dilakukan dengan menciptakan banyak inovasi dan juga terobosan.

Disampaikannya dalam acara Mimbar Sarasehan Pemerintah Daerah dan Petani-Nelayan Kabupaten Pasuruan yang digelar di Aula Pertemuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan. Kepala Daerah menitipkan pesannya tentang pentingnya kreativitas yang wajib dimiliki semua anggota. Tidak terkecuali koordinasi intens dengan seluruh elemen masyarakat untuk memajukan pertanian serta perikanan di Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga: PDAM Kab Pasuruan Targetkan Tambahan 3500-5000 Pelanggan Baru

"Kabupaten Pasuruan punya potensi-potensi yang harus dioptimalkan. Kita manfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pasuruan. Maka dari itu, saya sepakat dengan saresehan ini. Nanti harus ada rekomendasi-rekomendasi dari KTNA,” ujarnya dalam forum diskusi yang dilanjutkan dengan Pengukuhan Pengurus KTNA tersebut.

Menurut Kepala Daerah, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) juga penting diperhatikan seluruh anggota KTNA dalam menjalankan visi dan misi dengan baik. Sehingga memiliki pemahaman yang sama terhadap lahan pertanian yang dilindungi. Tujuannya sudah pasti. Tetap menjadikan Kabupaten Pasuruan sebagai penyokong pertanian di Jawa Timur bahkan di Indonesia.

Baca Juga: Ratusan LC Geruduk DPRD Kabupaten Pasuruan

"Ke depan, kita harus komitmen bersama mempertahankan sawah-sawah kita. Karena kalau tidak, ketahanan pangan kita terganggu. Indonesia termasuk negara yang kuat menghadapi krisis dan resesi. Kenapa? Karena berkat kegotong-royongan, kebersamaan serta ketahanan pangan, kita kuat. Tentunya dengan adanya lahan sawah yang dilindungi,” jelasnya.

Di sisi lain, Bupati Irsyad menghimbau agar KTNA memiliki visi dan misi yang dapat memberikan masukan kepada Pemerintah. Tidak hanya Pemerintah Daerah saja, melainkan juga Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Dengan adanya masukan-masukan tersebut, diharapkan sinergi antara pemerintah daerah dengan KTNA akan berjalan dengan baik.

Baca Juga: Banyubiru Masih Jadi Destinasi Andalan Wisatawan

“KTNA dan petani-maju harus terus-emenrus berupaya meningkatkan Iptek dan Imtaq. Sehingga dapat berperan bersama Perangkat Daerah terkait untuk menyukseskan pembangunan pertanian di Kabupaten Pasuruan. Sehingga segera terwujud petani dan masyarakat Kabupaten Pasuruan yang sejahtera dan maslahat,” ajak Bupati. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU