Bupati Tulungagung Bersama Calon Kepala Desa Tandatangani Deklarasi Damai Jelang Pilkades Serentak 2021

Pemerintah Kabupaten Tulungagung bersama seluruh Calon Kepala Desa terkait menyatakan dan menandatangani Ikrar Deklarasi Damai, yang bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.

SUARABAYAPAGI, Tulungagung - Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 di Kabupaten Tulungagung. Pemerintah Kabupaten Tulungagung bersama seluruh Calon Kepala Desa terkait menyatakan dan menandatangani Ikrar Deklarasi Damai, yang bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso pada Sabtu, (27/11/2021) malam kemarin. 

Hal ini dilakukan, sebagai wujud untuk menyukseskan pilkades serentak yang dijadwalkan pada 30 November 2021 nanti. 

 

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo usai acara mengatakan, deklarasi ini merupakan pemantapan atau penegasan kepada calon – calon kades, panitia dan juga Forpimcam.

Dimana, dengan kesepakatan yang telah ditandatangani tersebut, agar dijadikan pedoman untuk dipatuhi.

"Intinya, deklarasi ditujukan kepada semua pihak yang terlibat dalam Pilkades untuk mematuhinya. Supaya pelaksanaan Pilkades nanti bisa berlangsung dalam kondisi yang kondusif, aman, tentram, dan damai,” terang Maryoto Birowo.

Meski demikian, pihaknya juga sudah terlebih dulu memberitahu agar jangan sampai terjadi perselisihan. Namun, jika nantinya ada pihak – pihak yang tidak terima atas hasil Pilkades, agar sebisa mungkin diselesaikan sesuai dengan jalur hukum .

“Yang jelas, kami berharap jangan sampai terjadi perselisihan, namun, jika nanti ada pihak-pihak yang tidak terima silahkan menempuh dengan hukum yang berlaku,” jelas Bupati.

Menurut Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM deklarasi damai bukan sebatas acara seremonial, tapi untuk menunjukkan komitmen para calon kepala desa dan seluruh pihak yang terlibat agar dapat menjaga suasana tetap kondusif, aman, damai, ayem tentrem mulyo lan tinoto. 

"Pilkades bertujuan melahirkan kepala desa amanah. Insya Allah pilkadesnya yang baik dan jujur akan menghasilkan pemimpin yang amanah. Untuk itu tegakkan aturan, hindari politik uang dan cara-cara yang tidak benar," pungkas Bupati.

Acara ini dihadiri Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, SE bersama Jajaran Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Jajaran Forkopimcam daerah pemilihan, Calon Kepala Desa terkait, serta Kepala Perangkat Daerah dan Stakeholder terkait.


Pilkades serentak dijadwalkan berlangsung 30 November 2021 mendatang. Sebanyak 14 Desa di 11 Kecamatan menggelar pilkades, dengan total calon kepala desa 35 orang. 

Dalam kesempatan ini, Kajari Tulungagung Mujiarto, SH, MH mengimbau seluruh calon kepala desa untuk bersaing secara sehat guna mewujudkan pemilihan yang damai, jujur, bebas, adil dan rahasia. Diharapkan jangan ada dendam antara pendukung dari calon kepala desa, serta kepala desa terpilih supaya merangkul semua pendukung calon kepala desa. 

Sementara itu Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, SH, SIK, MH menyampaikan, berharap dalam pelaksanaan pilkades nanti kondisinya tetap aman dan tertib. Untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa menimbulkan terjadinya gangguan Kamtibmas sebelum pelaksanaan dan sesudah Pilkades, pihaknya telah menyiapkan kurang lebih sekitar 1300 an personil untuk pengamanannya. can