Home / Politik : ANALISA BERITA

Capres Pilihan Megawati Penentu Peta Politik Pilpres 2024

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 13 Mar 2023 20:55 WIB

Capres Pilihan Megawati Penentu Peta Politik Pilpres 2024

i

Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB)

SURABAYAPAGI, Jakarta -  Saya yakin calon presiden (capres) pilihan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menjadi penentu peta politik Pilpres 2024. Belum ada koalisi partai politik (parpol) yang pasti hingga saat ini.

Saya kira koalisi pilpres ini akan terbentuk setelah Ibu Mega memutuskan siapa pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan didukung PDIP

Baca Juga: Anies Akui Prabowo, Keluarga Intelektual Terpandang

 Saya menilai PDIP sebagai parpol pemenang Pemilu 2019 sekaligus pengusung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin ini bisa mengubah konstelasi politik ke depan.

 Sehingga, saya melihat meskipun sudah ada yang mendeklarasikan pembentukan koalisi, tapi koalisi itu belum berani untuk mengumumkan siapa calon yang diusung.

Karena itu, tidak hanya bagi PPP dan PBB sebenarnya, seperti yang saya bilang tadi, belum ada partai yang memutuskan koalisi dalam mendukung paslon tertentu.

Saya tidak mempersoalkan sikap PDIP yang belum mengumumkan capres. Sebab, hal tersebut menjadi kebiasaan dari parpol berlambang kepala banteng bermoncong putih tersebut.

Baca Juga: Bawaslu Pasrah

Kita sudah tahu bahwa style PDIP seperti itu. Keputusan terakhir ada di Bu Mega. Kita sabar menanti keputusan apa yang beliau ambil.

Kita tahu delapan parpol pemilik kursi di parlemen sudah membentuk poros koalisi masing-masing. Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nasdem, dan Demokrat menggagas Koalisi Perubahan. Mereka mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) 2024.

Kemudian, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Hanya PDIP yang belum mengumumkan koalisi Pilpres 2024 maupun tokoh yang bakal dijadikan sebagai capres.jk

Baca Juga: FPI, PA 212, hingga GNPF-Ulama ke MK Dukung Putusan Adil

(Lewat keterangannya di Kantor DPP PPP, Jakarta yang dikutip dari laman nasional.sindonews.com Senin (13 Maret 2023)

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU