Diduga Karena Curah Hujan Tinggi, Japordes di Bulutigo Ambles

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 16 Jan 2023 18:56 WIB

Diduga Karena Curah Hujan Tinggi, Japordes di Bulutigo Ambles

i

Jalan poros desa ini selain ambles juga nampak sliding dan mengangah dan berongga. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Diduga karena intensitas curah hujan yang tinggi, jalan poros desa di Desa Bulutigo Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan ambles. Karuan saja amblesnya jalan ini membuat aktivitas warga setempat dan sekitar terganggu, dan masyarakat berharap ada perbaikan.

Apalagi jalan poros desa ini seperti disampaikan oleh Kepala Desa Bulutigo, Rozim Arista tidak sekedar ambles tapi jalan rabat beton itu mengalami sleding dan mengancam keselamatan bagi pengguna jalan. "Jalan ini ambles sekitar 1 meter dengan panjang jalan 50 meter, sejak 2 pekan ini, pemicunya sementara karena curah hujan yang tinggi," aku Kades.

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Truk Tabrak Tronton

Disebutkan olehnya, jalan poros desa yang terbuat dari rabat beton itu terlihat menganga dan berongga. Disisi lain, badan jalan itu terangkat dan menggantung dari kondisi tanahnya. Sehingga jalan rabat beton itu miring hampir 45 derajat. 

Karena jalan ini adalah jalan utama kata Rozim, aktivitas warga terganggu. Setidaknya, kendaraan roda empat tidak bisa melintas. "Akibat jalan ambles ini membuat kendaraan roda empat atau lebih terpaksa harus memutar lebih jauh hingga belasan kilometer," katanya.

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Bukan hanya itu, lanjut Rozim lagi, pengendara kendaraan roda dua yang terpaksa melintas harus ekstra hati - hati. "Kalau tidak hati - hati bisa saja terperosok," ungkapnya.

Dampak kejadian ini, lanjut dia lagi, makin dirasakan warga setempat. Pasalnya, hari-hari ini desa setempat sedang memasuki masa panen padi. "Otomatis karena jalan tidak bisa dilalui mobil, untuk mengangkut hasil panen kami harus kerja ekstra dengan memutar jalan lebih jauh atau mengganti dengan memakai motor yang harus dilakukan juga berkali-kali," imbuhnya. 

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

Pemerintah desa, tambah Rozim, berharap agar Pemkab Lamongan untuk bisa segera memperbaiki jalan tersebut. "Yang ambles ini supaya segera diperbaiki agar aktivitas warga tidak terganggu," harapnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU