DPD AELI Jatim Resmi Dilantik, Fokuskan Diseminasi Pengamalan Pancasila

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 18 Nov 2020 16:03 WIB

DPD AELI Jatim Resmi Dilantik, Fokuskan Diseminasi Pengamalan Pancasila

i

Pengurus DPD AELI Jatim Periode 2020-2023 menerima kepengurusan dari ketua sebelumnya. SP/BYTA INDRAWATI.

 

SURABAYAPAGI, Surabaya - Asosiasi Experiential Learning Indonesia (AELI), mengadakan pengukuhan pengurus DPD AELI Jawa Timur periode 2020-2023, pada Rabu (18/11/20).

Baca Juga: Ada Kemungkinan Akhir 2022, PPKM Berhenti

Berlokasi di kawasan Darmo Harapan Surabaya, rangkaian acara pengukuhan juga diisi dengan diskusi panel dengan tema "Bersatu Berjaya Bergerak" guna memfokuskan jaringan pada sektor pendidikan dan pengembangan kapasitas SDM Indonesia.

Kegiatannya  AELI sendiri lebih difokuskan pada outbound, training, development, dan derelaksation sebagai proses penyembuhan dengan simulasi tertentu.

Sejak Pandemi Covid - 19 menghantam Indonesia, AELI harus melakukan beberapa improvisasi, namun secara nasional AELI  mendapat stimulan dari untuk membuat virtual event, guide, webinar, dan sebagainya.

"AELI juga menandatangani MoU dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif hingga mendapat mandat untuk deseminasi dan pengamalan Pancasila, melalui 7 permainan," terang Tri Cahyono Putra, selaku ketua DPD AELI Jawa Timur periode 2020-2023, kepada Surabaya Pagi

Baca Juga: Riset: Tumbuhan Pegagan Embun Bisa Cegah Infeksi Covid-19

Tidak hanya itu, AELI juga telah mempersiapkan strategi baru dengan membuat City Guide Virtual atau Amazing Race, dengan membentuk kelompok kecil untuk mengenali dan mengetahui daerah tertentu dengan memanfaatkan teknologi digital.

"Inilah inovasi dari experience learning, kami juga menggunakan virtual game, yang juga membantu perusahaan untuk melihat attitude para karyawannya," katanya.

Sementara itu, hubungan masyarakat AELI, J. Abdul mengungkapkan bila pihaknya ingin memfokuskan AELI dengan menggandeng dinas terkait untuk membentuk kurikulum pendidikan non formal.

Baca Juga: Kasus Omicron XBB Terus Naik, Menkes Budi Tenangkan Warga

"Tahun ini sampai kepengurusan 3 tahun kedepan, kita akan bekerjasama dengan stakeholder, akomodasi dan pemerintahan. Seperti Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, dan Olah Raga menjadi bagian penting, sebab kedepannya kami ingin membuat kurikulum," tandasnya.

Asosiasi Experiential Learning Indonesia (AELI) merupakan wadah bagi pengguna metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) baik perorangan maupun lembaga yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengguna metode EL yang bertanggung jawab terhadap pengembangan manusia Indonesia. byt

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU