Gubernur Khofifah Jadi Inspektur Upacara HUT ke-76 RI di Grahadi

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat memimpin upacara memperingati HUT Ke-76 RI sebagai inspektur di halaman Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa (17/8/2021) pagi. SP/PEMPROV JATIM

SURABAYAPAGI, Surabaya -Gelaran upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI, Dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai inspektur di halaman Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa pagi (17/8).

Upacara tersebut digelar menggunakan protokol kesehatan ketat tersebut diawali laporan komandan upacara dengan hanya diikuti secara langsung oleh 40 peserta.

Bertindak sebagai pembaca Naskah Proklamasi adalah Ketua DPRD Jatim Kusnadi yang dilanjutkan mengheningkan cipta dipimpin inspektur upacara dan pembacaan doa.

Prosesi dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh 38 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berasal dari perwakilan 38 kabupaten/kota di Jatim.

Setelah pengibaran bendera, prosesi ditutup dengan laporan komandan upacara kepada inspektur bahwa upacara telah dilaksanakan yang dilanjutkan pembubaran pasukan dan gubernur kembali ke mimbar undangan.

Upacara kali ini digelar terbatas karena pandemi COVID-19, seperti jumlah undangan yang biasanya mencapai 3.500 orang, namun sekarang hanya 50 orang.

Upacara digelar dua kali, yakni pada pagi hari pengibaran bendera dan seluruh ASN Pemprov Jatim harus hadir virtual, kemudian mengikuti upacara dari Istana Merdeka Jakarta yang juga secara virtual.

Sore harinya, pukul 16.30 WIB, dilaksanakan upacara penurunan bendera di Grahadi, dan satu jam kemudian mengikuti di Istana Merdeka secara virtual.

Gubernur Jatim pada beberapa kali kesempatan menjelang HUT ke-76 RI selalu berpesan kepada rakyat agar tak pernah berhenti memperkuat rasa persatuan dan kesatuan.

"Pada masa pandemi ini, dan meski sudah divaksin terus disiplin menerapkan protokol kesehatan dimana saja," kata Gubernur Khofifah.

Turut hadir pada kesempatan upacara pengibaran bendera, para pejabat Forkopimda, yaitu Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim Mohamamd Dhofir, dan lainnya.

Seusai upacara pengibaran bendera di Grahadi, seluruh pejabat Forkopimda mengikuti prosesi upacara peringatan ke-76 Tahun Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta.sb1/na