Hengky Kurniawan Dilaporkan KPK Atas Dugaan Penyelewengan Rotasi Jabatan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 16 Mei 2023 10:05 WIB

Hengky Kurniawan Dilaporkan KPK Atas Dugaan Penyelewengan Rotasi Jabatan

i

Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan. SP/ BDG

SURABAYAPAGI.com, Bandung - Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan baru-baru ini tengah dilaporkan ke pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kebijakan rotasi jabatan di lingkungan Pemkab Bandung Barat. Laporan tersebut dilayangkan kelompok masyarakat yang mengaku sebagai Pemuda Bandung Barat pada Kamis (11/05/2023).

Menurut Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh lembaga anti rasuah itu dalam menangani laporan masyarakat, oleh karenanya KPK akan menindaklanjuti laporan itu apabila memang ditemukan adanya dugaan korupsi.

Baca Juga: Dokternya Bisa Bisa Dibidik Halangi Penyidikan

"Setelah kami cek betul ada laporan itu, kami akan verifikasi setelah koordinasi dengan pihak pelapor, kemudian apakah laporan itu sesuai syarat yang ditentukan dalam SOP pelaporan, termasuk juga materinya apakah menjadi kewenangan KPK," katanya.

"Nanti akan ada proses panjang, yang pasti kami mengapresiasi masyarakat yang melaporkan dugaan korupsi di sekitarnya, pasti akan ditindaklanjuti," ujarnya, Selasa (16/05/2023).

Lebih lanjut Ali mengatakan saat ini KPK akan segera memanggil pihak pelapor untuk dimintai keterangan soal laporannya.

Sedangkan untuk informasi perkembangan laporan yang masih di tahap pelaporan, Ali mengatakan pihak KPK tidak diperkenankan menyampaikan hal tersebut dengan alasan perlindungan terhadap pelapor.

"Yang bisa menanyakan langsung perkembangan laporan hanya pelapor, bahkan saya tidak bisa menanyakan ke Dumas (pengaduan masyarakat) terkait perkembangan laporan. Karena filosofinya harus melindungi dari sisi pelapor dan materi," tutur Ali.

Tak hanya kali ini saja, sebelumnya, Hengky Kurniawan juga sempat dilaporkan oleh Ketua Aktivis Pemuda Bandung Barat Bilal Al Fariz atas dugaan korupsi. 

Menurut dia, Hengky melakukan pungutan terkait rotasi jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat. Ia menyebut, tindakan tersebut dilakukan Hengky dengan sejumlah kroninya.

“Siapa saja? Sudah kami lampirkan di dalam laporan tadi," kata Bilal di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (11/5/2023).

Klarifikasi Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan

Pada kesempatan terpisah, Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan juga telah memberikan tanggapan soal laporan itu lewat akun Instagram resminya @hengkikurniawan.

Dalam akunnya Hengky mengatakan kebijakan rotasi-mutasi yang dilakukan, semuanya sudah sesuai prosedur dan aturan hukum yang berlaku.

Baca Juga: Jet Pribadi, Mobil Lexus, Vellfire dan Jam Tangan Richard Mille Seharga Rp 2,2 M

"Jangan samakan ASN sekarang dengan zaman dulu yang ada eselon IV. Ada kebijakan penyertaan jabatan administrasi ke jabatan fungsional yang dilatarbelakangi reformasi birokrasi," kata Hengky dalam akun Instagramnya, dikutip Selasa (16/05/2023).

Hengky menegaskan BKPSDM Bandung Barat sudah bekerja secara profesional. Sehingga menurutnya, beberapa pejabat yang mendapat promosi jabatan sudah dinilai sesuai ketentuan.

"Apalagi eselon IV itu sudah tidak ada, sekarang sudah kita ganti fungsional. Nah jabatan fungsional kalau memenuhi syarat bisa naik ke level kabid atau masuk dalam jabatan struktural. Jadi itu yang ingin saya sampaikan, semuanya sudah sesuai prosedur," ucapnya.

Terlepas dari semua itu, Hengky tidak mempermasalahkan ada pihak yang melaporkannya ke KPK. Ia pun menganggap itu hal yang wajar sebagai bentuk kontrol terhadap pemerintahan

"Saya pikir itu hal yang wajar-wajar saja sebagai fungsi kontrol sosial. Jadi sah-sah saja," pungkasnya.

Profil Hengky Kurniawan

Baca Juga: Gus Muhdlor, Mendadak Sakit, Jumat Kelabu Urung

Sebelum menjadi politisi, sosok Hengky Kurniawan memang bukanlah sosok asing, terlebih untuk mereka yang kerap menonton televisi di tahun 2002-2017. Wajahnya diketahui kerap muncul di TV sebagai pemain sinetron, FTV, hingga bintang iklan lainnya.

Namun, di balik sosok Hengky yang dikenal sebagai artis dan politisi, tak banyak orang tahu bahwa masa kecilnya dipenuhi dengan perjuangan karena keterbatasan ekonomi keluarga.

Setelah 10 tahun lamanya malang melintang di dunia entertainment, ia pun membuat PH bersama dengan sejumlah artis lainnya.

Pada saat kurang lebih 11 tahun berkarir di dunia hiburan, Hengky memilih untuk berkarir di dunia politik. Ia diketahui sangat mengidolakan Amien Rais sejak era reformasi digaungkan.

Ia pun mencoba peruntungan untuk menjadi caleg DPR RI tetapi gagal. Lalu, ia mengikuti beberapa Pilkada di Blitar, Kediri, dan Bekasi tetapi ia memilih mundur karena mahar yang tinggi.

Hingga pada akhirnya, ia pun berkesempatan mengikuti Pilkada Bandung Barat untuk menjadi wakil bupati dan tanpa mahar. Ia pun memenangkan Pilkada Bandung Barat mewakili Partai Demokrat untuk periode 2018-2023. dsy/sr/kps/dc

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU