Jalur Kereta Api Logistik TPS-Stasiun Kalimas Kembali Beroperasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 04 Jun 2021 11:06 WIB

Jalur Kereta Api Logistik TPS-Stasiun Kalimas Kembali Beroperasi

i

Pengakktifkan kembali jalur kereta api logistik di Terminal Petikemas Surabaya. SP/ Humas TPS

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Setelah 5 tahun lebih berhenti beroperasi, jalur kereta api logistik Terminal Petikemas Surabaya (TPS) - Stasiun Kalimas kembali diaktifkan.

Diaktifkan kembali jalur tersebut merupakan tindak lanjut dari MoU antara 4 perusahaan yakni TPS, BMC Logistics, PT Krakatau Jasa Logistik (KJL) dan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) pada 29 April lalu. 

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

Direktur Utama Pelindo III, Boy Robyanto menjelaskan, dengan diaktifkan kembali jalur kereta api logistik di TPS dapat menekan biaya logistik di Indonesia yang masih cukup tinggi. Karena kereta api dinilainya sebagai angkutan yang sangat efisien terlebih bila melihat jarak antar-pelabuhan yang minimal berkisar 400 meter.

"Saya mendorong kegiatan (reaktivasi) seperti ini. Memang dasarnya adalah cost logistik di kita masih cukup tinggi sehingga dorongan ini adalah sebenarnya untuk membantu menurunkan atau reduksi cost untuk logistik yang cukup tinggi," kata Boy Robyanto dalam rilis yang diterima Surabaya Pagi, Jumat (4/6/2021).

Boy juga menyebutkan, penggunaan jalur kereta api di TPS diharapkan mampu mendukung kelancaran arus distribusi barang baik yang menuju pelabuhan maupun keluar dari pelabuhan.

Tak hanya itu, penggunaan kereta api dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurai kepadatan lalu lintas yang terjadi di jalan raya. Sehingga mampu mempercepat pergerakan barang dikarenakan memiliki jalur khusus yang bebas dari hambatan.

Baca Juga: KPU Surabaya Paparkan Seleksi Calon Panitia Pemilihan Gubernur dan Walikota Tahun 2024

"Misalnya, nanti sudah masuk ke pelabuhan, alangkah sangat bahagianya pengguna jasa tahu kontainernya dibawa kereta api," katanya

Pasca diaktifkan kembali jalur kereta api logistik di TPS, maka kini TPS memiliki 2 jalur kereta api yang masing-masing mampu mengakomodir angkutan KA Barang Petikemas dengan rangkaian 10 GD. Sehingga secara total kapasitas muat TPS untuk jalur kereta api adalah 20 GD berkapasitas 40 TEUs.

"Kami berharap setelah reaktivasi jalur kereta api di Terminal PetikemasSurabaya yang merupakan bagian dari Pelabuhan Tanjung Perak, dapat segeradisusul dengan reaktivasi jalur kereta api lainnya seperti yang ada diPelabuhan Tanjung Emas, Semarang," katanya berharap.

Baca Juga: Gibran Absen di Otoda 2024 Surabaya, Mendagri Tito Bocorkan Alasannya

Sementara itu, Direktur Utama TPS, Dothy berharap dengan dioperasikan kembali angkutan logistik kereta api dapat memberikan nilai lebih untuk industri logistik dan kepelabuhanan nasional yang lebih berdaya saing.

"Kerjasama ini juga merupakan upaya dalam mendukung program Kementerian BUMN untuk terus bersinergi, dalam hal ini sinergi antara KAI dan Pelindo III," kata Dothy.

Sebagai informasi, jalur TPS - Stasiun Kalimas kembali diaktifkan setelah terakhir beroperasi pada 30 Maret 2016. PT KAI telah melakukan berbagai persiapan sebelum jalur itu dinyatakan laik operasi, diantaranya pembongkaran material yang menutupi jalan rel, penggantian wesel dan bantalan rel baru, serta memperbaiki posisi rel. Sem

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU