Jelang Idul Fitri, Bupati Mojokerto Serahkan Paket Sembako untuk 186 Eks Penderita Kusta

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 27 Apr 2022 16:59 WIB

Jelang Idul Fitri, Bupati Mojokerto Serahkan Paket Sembako untuk 186 Eks Penderita Kusta

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Bupati Mojokerto menyerahkan secara langsung bantuan sosial (bansos) berupa paket sembako kepada 186 eks penderita kusta di Dusun Sumber Glagah, Desa Tanjung Kenongo, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Rabu (27/4) siang. Bupati Ikfina berharap, dengan adanya bansos ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat eks penderita kusta.

“Perlu kita ketahui bersama, Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) tidak ada ujungnya, akan tetapi Pemerintah Kabupaten Mojokerto senantiasa berusaha meningkatkan pelayanan sosial bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Mojokerto,”tuturnya.

Baca Juga: Usai Sholat Ied, Bupati Ikfina Serahkan Hibah Renovasi Masjid Rahmat Jatirejo

Lanjut Ikfina, berdasarkan Undang - Undang Nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial pasal 5 ayat 2, penyelenggaraan sosial diprioritaskan kepada masyarakat yang memiliki kehidupan yang tidak layak secara kemanusiaan dan memiliki kriteria masalah sosial.

Adapun kriteria tersebut, yakni kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, keterpencilan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku. Tak hanya itu, kriteria yang lain yakni, korban bencana dan atau korban tindak kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.

Baca Juga: Raih Suara Terbanyak, PKB Kabupaten Mojokerto Siap Usung Kader Terbaik di Pilbup 2024

“Pada kesempatan ini, saya berpesan kepada seluruh penerima bantuan agar bisa memanfaatkan dengan penuh tanggung jawab, karena bantuan ini bersifat pembinaan dan pemberdayaan yang berupa permakanan dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat eks penderita kusta,” harapnya.

Untuk diketahui, dalam program penyerahan bantuan sosial ini, Pemerintah Kabupaten Mojokerto telah menyiapkan penyediaan permakanan berupa beras dengan jumlah total 5.580 kilogram, kecap 372 botol, mie instan 372 kardus dan minyak goreng sedikitnya 372 liter. Bahan kebutuhan pokok tersebut dialokasikan dari dana APBD tahun anggaran 2022.

Baca Juga: Wawali Pasuruan Serahkan 155 Paket Sembako untuk Warga

Jumlah total tersebut, dibagi menjadi satu paket, yang masing-masing paket berisi 30 kilogram beras, dua botol kecap, dua kardus mie instan dan dua liter minyak goreng. Paket tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Mojokerto yang nantinya akan dibagikan ke 186 penerima. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU