Juara Lomba Jombang Children Got Talent 2020 Terima Penghargaan

Bupati Jombang bersama para pemenang lomba Jombang Children Festival (JCF) 2020. (SP/Hms)

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Agenda Advokasi Gugus Tugas Desa Layak Anak digelar di Pendopo Pemkab Jombang pada Kamis, (03/9/2020) pagi. Dan sekaligus penerimaan hadiah kepada para juara lomba. 

Lomba yang digelar yakni Jombang Children Festival (JCF) 2020. Merupakan salah satu program kegiatan Forum Anak Jombang yang dilaksanakan di masa pandemi Covid-19 dan mendapat dukungan dari berbagai pihak. 

Hal itu sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Jombang dalam memenuhi hak-hak anak. Baik pemenuhan hak  dalam pendidikan, kesehatan juga sipil, maupun  kependudukan. 

Sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) kategori Nindya pada tahun 2019, berharap Jombang kedepan dapat  berhasil meraih penghargaan KLA kategori utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI. 

Acara dihadiri oleh Dinas Kesehatan, DPMD, BAPPEDA, Direktur Cabang Bank Jatim Jombang, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur, Andriyanto. 

Selain itu, hadir pula camat, ketua pokja I dan IV PKK desa, koordinator penyuluh KB, dan anak-anak Jombang para pemenang lomba. 

Advokasi Gugus Tugas Desa Layak Anak ini, merupakan bagian pokok untuk mewujudkan KLA. Seperti kita ketahui, bahwa pemerintah melalui Kementerian PPPA telah mendesain dan menentukan implementasi kabupaten, kecamatan dan desa layak anak.

KLA terdiri dari 3 indikator yang didasarkan pada substansi hak-hak anak yang diamanatkan dalam UU Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Dan Konvensi Hak Anak (KHA), yang juga sudah diratifikasi Indonesia dengan Keppres Nomor 36 tahun 1990. 

Substansi hak-hak anak tersebut dikelompokan ke dalam 5 kluster yaitu, Hak Sipil Dan Kebebasan, Lingkungan Keluarga, Kesehatan Dasar Dan Kesejahteraan, Pendidikan Pemanfaatan Waktu Luang Dan Kegiatan Seni Budaya, dan Perlindungan Khusus. 

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab menuturkan, pihaknya berharap indikator-indikator desa layak anak tidak berhenti menjadi sederet check list yang harus diisi dan dipenuhi. 

"Tetapi dapat menjadi acuan bagi kita semua dalam mengimplementasikan pemenuhan hak-hak anak di masyarakat yang terintegrasi, holistik dan berkelanjutan," tuturnya, saat sambutan. 

Bupati menerangkan, poin terpenting dari proses pengembangan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Jombang, yaitu semakin meningkatnya desa-desa layak anak yang diharapkan secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

"Oleh karena itu, saya sangat berharap penguatan koordinasi para stakeholder terkait di tingkat kecamatan terus ditingkatkan melalui gugus tugas yang telah dibentuk, dan selanjutnya di tingkat desa," terangnya. 

Peran penting Bappeda, papar bupati, terutama dalam mengkoordinasikan perencanaan pemenuhan hak-hak anak melalui pengembangan tingkat desa dan kecamatan layak anak, sehingga dapat tercapai sumber daya manusia yang unggul di masa depan sangat dibutuhkan.

"Dengan adanya acara ini, Kabupaten Jombang  yang telah berhasil meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Nindya, dapat ditingkatkan menjadi kategori Utama," paparnya. 

Mundjidah menegaskan, tidak hanya kabupatennya yang layak anak, namun kedepan ada kecamatan layak anak, desa layak anak. Dan peran dunia usaha dalam mewujudkan program kabupaten layak anak sangat dibutuhkan. 

"Termasuk Sekolah Ramah Anak, Pondok Pesantren Ramah Anak, tidak ada lagi kekerasan terhadap anak juga keluarga. Kita berkomitmen mencetak anak-anak Jombang yang berkarakter berdaya saing, mandiri, kaya inovasi, menjadi anak bangsa yang lebih baik," pungkasnya. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Jombang menyerahkan trophy penghargaan kepada pemenang Lomba Jombang Children Festival (JCF) 2020/Jombang Children Got Talent. 

Juara 1 Langen Budaya, dengan talenta Musik Daerah dari SMPN 1 Mojowarno, juara 2 Mohammad Hilmi Hibatullah ( SMPN 1 Perak) dengan talenta bermain Electone, juara 3 Tim Fosda (Federation of SMAGA Dance Academy) dari SMA Negeri 3 Jombang, dengan talenta dance/menari. 

Juara harapan 1 Ardaniyatus Azzariyah, (MAN 3 Jombang) dengan talenta Menyanyi, harapan 2 Komunitas Keroncong Arek Jombang – grup Biola, harapan 3 Aqila Fanadiz Oktasari, (SMPN 3 Peterongan), dengan talenta Sepatu Roda. suf