Kandang Ayam Sayur Terbakar Pemilik Alami Kerugian Ratusan Juta Rupiah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 20 Nov 2022 16:19 WIB

Kandang Ayam Sayur Terbakar Pemilik Alami Kerugian Ratusan Juta Rupiah

i

Kandang ayam milik salah satu warga terbakar hebat pada Minggu (20/11) dini hari. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Kebakaran kandang ayam sayur pada Minggu (20/11) dini hari di dusun Sukorejo Desa Ringinanom Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar membuat warga sekitar panik karena kobaran api yang membakar kandang ayam seluas 30-25 Meter itu begitu besar. 

Kejadian kebakaran yang merugikan pemiliknya ratusan juta rupiah tersebut disampaikan Kapolsek Udanawu AKP Anjun Sudaryanto S.Sos pada wartawan melalui Kasi Humas Polres Blitar Kota Iptu Ahmad Rochan SH pada Minggu (20/11) pagi di ruang kerjanya.

Baca Juga: Curi Motor, ABG di Blitar Jadi Bulan-bulanan Warga

Iptu Rochan menyampaikan bahwa korban pemilik kandang ayam adalah Nur Kholis warga RT 02 RW 01 Dusun Sukorejo Desa Ringinanom Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Saat kebakaran, korban berada di rumahnya yang tidak jauh dari kandang ayam miliknya.

Lebih jauh perwira polisi yang hobi sepak bola ini mengungkapkan kronologi terjadinya kebakaran. Awal mula diketahui oleh saksi Adista Tofan (33), warga setempat bahwa sekitar pukul 01.30. Saksi melihat ada kepulan asap warna merah di kandang milik korban, tak lama saksi membangunkan pemilik kandang.

"Spontan saksi Adistya mendatangi rumah korban dan memberitahukan kebakaran di kandang ayam milik korban, melihat kobaran api tersebut saksi langsung melaporkan ke Polsek Udanawu selain membantu padamkan kobaran api bersama warga semampunya," papar Iptu Ahmad Rochan.

 

Baca Juga: Padamkan Api, Lansia di Jember Tewas

Setelah pihak Polsek Udanawu melakukan koordinasi dengan Damkar Pemkab Blitar dan Pemadam Kebakaran Pemkot Kediri, selang beberapa saat 3 mobil pemadam tiba di lokasi untuk lakukan pemadaman di lokasi kebakaran dan aliran lampu sekitar TKP dipadamkan.

Sekitar tiga jam api baru dapat dipadamkan, setelah Polsek Udanawu bersama Unit Identifikasi dan Inafis Satreskrim Polres Blitar Kota lakukan olah Tkp, dipimpin AKP Anjun.

"Selain kandang ayam berukuran sekitar  30x25 meter, ada satu unit mobil Grand Max tahun 2016, dua unit sepeda motor (Honda Vario dan Jupiter MX) dan sekitar 7000 ribu ekor ayam umur 5 hari terbakar, menurut perhitungan korban alami kerugian sekitar Rp 400 juta," tambah Iptu Rochan, sambil melihat video kebakaran api tersebut.

Baca Juga: Kandang Ayam Ludes Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah

Masih menurut Iptu Rochan sementara kebakaran itu diduga penyebab kebakaran dari pemanasan ayam ayam yang baru menetas.

"Kita masih lakukan penyelidikan dan untuk korban manusia nihil, sesuai arahan dari Pak Kapolres Blitar Kota, agar kewaspadaan lingkungan dan apapun situasinya untuk cegah kebakaran," pungkas Iptu Richan seijin Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono SH S.IK.M.Si. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU