KD Buka-bukaan, PDIP Galau

Krisdayanti penyanyi yang sekaligus Anggota DPR fraksi PDIP

Bocorkan Gaji Anggota DPR, Tagar #DPRMakanGajiButa Menggema di Twitter

 

 SURABAYAPAGI.COM, Jakarta- Anggota DPR fraksi PDIP, Krisdayanti tengah menjadi bulan-bulanan warganet usai membeberkan besaran gaji dan tunjangan anggota DPR.

Ibunda Aurel Hermansyah ini mengungkapkan bahwa dirinya menerima gaji sebesar Rp 16 juta setiap bulannya. Selain gaji pokok, Krisdayanti juga mengatakan dirinya mendapat tunjangan sebesar Rp 59 juta.

Bukan cuma itu, Krisdayanti mengungkap dia mendapat dana aspirasi 5 kali dalam setahun sebesar Rp 450 juta.

Sedangkan dana reses yang diterimanya 8 kali dalam setahun sebesar Rp 140 juta. "Rp 140 juta (dana reses). Itu 8 kali setahun," ujar KD di kanal YouTube Akbar Faizal.

Pernyataan KD kemudian membuat publik geger hingga beberapa hari ini masuk dalam jajaran trending di Twitter.

Mengetahui gaji anggota DPR yang tidak sedikit itu, warganet kemudian menyerukan tagar #DPRMakanGajiButa, Jumat (17/9/2021) sebagai aksi protes.

Banyak netizen yang kemudian menyangkutpautkan sikap anggota DPR yang terkesan sering tertidur saat rapat paripurna berlangsung.

Hingga berita ini naik cetak, sebanyak 16 ribu lebih cuitan warganet yang meramaikan tagar #DPRMakanGajiButa.

"G ada hasil kerjanya buat rakyat, mic aja dimatiin... Sial bener nasib rakyat indo," cuit salah satu warganet.

"kurangi jatah kursinya, digaji umr dan kurangi fasilitasnya aja dgn kata lain rombak sistem didpr," cuit lainnya.

"DPR yg mewakili rakyat sdh lama mati dilindas rezim oligarki. Tanpa kerja, tanpa bersuara, tanpa rasa tanggungjawab, DPR menerima gaji melangit dg segala fasilitas mewah.

"Rakyat tetap miskin melarat," tulis warganet lainnya.

"DPR itu pekerja keras mengayomi dan menjadi saluran aspirasi rakyak sangat layak mendapat gaji miliaran !! Jangan ngiri dong

Lihat mereka secapek itu masih bekerja hingga ketika sidang mereka bisa tidur ! Kurang baik apa coba mereka," cuit lainnya.

 

Dituding Bikin Gaduh

Menanggapi reaksi masyarakat yang membuncah, Fraks PDIP bereaksi. Mereka memanggil sang Diva. Krisdayanti langsung diminta untuk menemui Ketua Fraksi PDIP dan Sekretaris PDIP kemarin. Pimpinan fraksi ingin meminta penjelasan dan klarifikasi pernyataan KD yang mengungkapkan gaji anggota dewan sehingga menjadi sorotan dan kehebohan di masyarakat.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR Utut Adianto menyatakan, Krisdayanti bukan dipanggil untuk ditegur, melainkan diundang untuk berdiskusi. Utut melihat Krisdayanti adalah orang yang tulus dan Utut tidak menyalahkan apa yang disampaikan oleh KD.

"Mbak KD kan orang yang sangat sincere, tulus. Ketika diundang saja sudah minta maaf merepotkan banyak pihak. Kami tidak dalam posisi menyalahkan," kata Utut, Jumat (17/9/2021).

Utut tak membantah apa yang disampaikan Krisdayanti mengenai gaji Anggota DPR memang menimbulkan kegaduhan di masyarakat. Maka dari itu, dia berharap agar kedepannya KD dapat memperbaiki lagi komunikasi publiknya agar tidak menimbulkan kegaduhan.

"Dari sisi politisi dia harus menekan pernyataan yang berpotensi menimbulkan kegaduhan," ujar Utut.

Terlepas dari kegaduhan yang telah timbul akibat ucapan KD, Utut meminta agar KD tidak menghilangkan karakternya. Utut meminta agar KD tetap dapat bersikap kritis sebagai politikus yang mewakili rakyat.

"Saya juga bilang, bahwa ke depan itu jangan hilang karakternya, kritis tetap boleh, harus rajin," ujar Utut.

Menanggapi ramainya berita soal KD ini, eks juru bicara Presiden Gus Dur Adhie M. Massardi turut memberikan komentar melalui akun Twitter pada Jumat, 17 September 2021.

"KD EFFECT. Kepolosan Krisdayanti soal uang yang didapat sebagai anggota DPR yang banyak benget itu bikin Senayan wabil khusus bapak2nya pada senewen," cuit Addhie.

"Di rumah diinterogasi istri, rekening dibongkar, dan lalu muncul gerakan follow the money. Uang yang banyak itu mengalir ke mana saja," sambungnya.

 

Kaya dari Menyanyi

Tanpa menjadi anggota DPR, Krisdayanti selama ini dikenal sebagai salah satu penyanyi Tanah Air dengan bayaran tertinggi.

Sekali manggung, mantan istri Anang Hermansyah ini bisa diganjar honor ratusan juta. Belum lagi, pendapatan dari bisnis sang suami Raul Lemos yang juga beromzet fantastis.

Melansir dari Kompas.com, KD sukses dengan 12 album solo, 9 album duet, hingga 2 album 3 Diva, sejak tahun 2000 dirinya lantas dikenal sebagai penyanyi dengan honor yang sangat tinggi.

Bahkan, majalah bisnis Swa pernah menulis penghasilan Krisdayanti dalam setahun lebih besar dari gaji Presiden Indonesia dalam jangka waktu yang sama.

Saat itu majalah Swa memberi judul Krisdayanti lebih kaya daripada Gus Dur.

Melansir dari Tribun, kekayaan ibunda Aurel dan Azriel ini mencapai USD 20 juta dalam Celebritynetworth.com atau setara Rp271 miliar!

Sekali manggung, KD bisa kantongi Rp60 juta, padahal dalam sebulan dirinya bisa 5 kali menghibur penggemar.

Sedangkan dari endorsment KD bisa mengantongi Rp60 juta per bulan. Terlebih dari iklan dan album, KD mendapat royalti hingga Rp300 juta per bulan. ham/rc/rl/jk4