Ketua DPRD Surabaya Apresiasi Langkah Pemkot

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya Adi Sutarwijono. SP/Al Qomar

 Pemkot Beri Beasiswa Putra-Putri KRI Nanggala 402 yang Gugur

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengapresiasi langkah Pemkot Surabaya yang bergerak cepat dengan  mengambil sejumlah kebijakan  yang akan diterapkan kepada keluarga korban. Di antaranya menyiapkan program beasiswa kepada putra-putri prajurit TNI AL yang gugur saat bertugas di KRI Nanggala 402.

“Kami mengapresiasi Pemkot Surabaya yang menyiapkan program beasiswa untuk seluruh anak dari awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang telah dinyatakan gugur secara resmi oleh TNI. Beasiswa akan diberikan hingga jenjang kuliah bagi anak dari awak kapal yang merupakan warga Surabaya,"ungkap Adi Sutarwijono, Senin (26/4).

Dalam kesempatan buka bersama anak yatim piatu, pria yang akrab disapa awi ini juga menitipkan doa untuk 53 awak KRI Nanggala 402 yang gugur. 

“Sebelum kita mendengarkan ceramah dari Ustadz Muhaimin, saya mewakili DPRD ingin menyampaikan rasa duka mendalam atas musibah yang menimpa KRI Nanggala 402,” kata Awi dalam sambutannya.

Seperti diberitakan, beberapa waktu lalu bahwa KRI Nanggala 402 telah dikabarkan hilang kontak di perairan Bali, hingga akhirnya dinyatakan 53 awak kapal tersebut On Eternal Patrol (istilah kemaritiman) gugur. 

Dari 53 awak berdasarkan manifes ada 13 orang diantaranya warga Surabaya. “Saya titip doa, saya mohon Ustadz Muhaimin memimpin doa untuk seluruh kru, awak KRI 402 yang diantaranya warga Surabaya,”tambah Awi. 

Kamaren Senin (26/4), Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyiapkan program beasiswa untuk seluruh anak dari awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang telah dinyatakan gugur secara resmi oleh TNI. Beasiswa akan diberikan hingga jenjang kuliah bagi anak dari awak kapal yang merupakan warga Surabaya.

“Atas nama Pemkot Surabaya, kami menyampaikan rasa duka yang sedalam-dalamnya. Ini duka bagi Surabaya, duka bagi Indonesia. Semoga para awak KRI Nanggala-402 mendapat tempat termulia di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa,” terang Eri.

Eri mengatakan, para awak kapal tersebut adalah patriot bangsa dan penjaga kedaulatan negeri. Jika pihak keluarga berkenan, Pemkot Surabaya menyiapkan beasiswa sampai jenjang kuliah untuk anak dari awak KRI Nanggala-402.

“Beasiswa adalah bentuk penghargaan dari Pemkot Surabaya, meski tentu ini tidak sebanding dengan pengabdian beliau-beliau yang teguh hingga akhir menjaga laut kita,” imbuh mantan kepala Bappeko Surabaya ini. Alq